KUA Serpong Wakili Tangsel Ke Provinsi

0

Jajaran KUA Kota Tangsel bersama Airin, Walkot Tangsel dalam acara. (Foto: Ist)

 Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan unit kerja yang strategis keberadaannya di suatu daerah. Sebab KUA tidak hanya menjalankan fungsi melayani pasangan yang ingin menikah, tetapi tugas-tugas keagamaan lainnya seperti pembinaan waqaf, layanan haji, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalisme KUA diadakan kompetisi antar KUA untuk memilih  KUA Teladan Tingkat Provinsi dan Nasional. Dan KUA Serpong  terpilih mewakili Tangsel  pada lomba di Tingkat Provinsi Banten.

Menurut Abdul Rozak, Kasubag Tata Usaha Kemenag, Lomba KUA Teladan ini tujuannya meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan profesionalisme KUA. Diharapkan dengan adanya lomba, ada evaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada.

Kepala KUA Serpong Syamsudin mengatakan, hingga saat ini dirinya dan tim telah melakukan persiapan semaksimal mungkin untuk dinilai dalam lomba. Mulai dari penataan administrasi, penataan lingkungan, hingga sarana dan prasarana kantor. Sarana yang disiapkan dengan baik yakni,  tempat pelayanan pernikahan, ruang tunggu pendaftaran, ruang staff, aula pernikahan, hingga penyimpanan arsip.

Selain sarana,  progam lain yang diandalkan KUA serpong adalahn pelayanan Sistem Informasi Managemen Pernikahan melalui online, yakni SIMKAH.

Program ini memang sudah ada dari pusat, namun belum semua KUA menjalankan program ini. Tapi  KUA Serpong  sudah melaksanakan ini karena program tersebut  dapat mempermudah pasangan untuk menikah.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi berharap,  inovasi yang dilakukan KUA Serpong sudah sangat baik. Ini suatu terobosan yang sangat baik sesuai dengan moto Tangsel. Mudah-mudahan dapat mencapai prestasi yang lebih baik. (TS)