Demo Ahok Di KPK Rusuh dan Kacau

0
Demo KPK Siang Tadi Rusuh. (Foto:Ist)



Aksi demonstrasi ribuan massa di depan gedung Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) rusuh, Jumat (20/5) siang. Merasa terancam, baku hantam  antara polisi dan pendemo tak terelakan. Polisi berupaya membubarkan massa yang terus melawan. Tak pelak, hujan batu dialamatkan ke markas KPK dan polisi yang berupaya membubarkan massa.

Gas air mata berkali-kali ditembakan. Namun warga tetap melawan. Suasana semakin mencekam. Massa mendemo mendesak agar KPK menangkap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditangkap, karena diduga terlibat korupsi pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Kerusuhan belangsung lebih dari dua jam. Demo baru reda ketika pukul lima sore.  Tapi massa belum juga bubar.  

Akibat bentrok ada dua polisi yang terkena lemparan batu. Tak hanya itu, ada motor polisi yang tercebur ke kali. Kaca –kaca gedung KPK banyak yang pecah. Banyak batu berserakan di depan gedung KPK.

Dari pantauan cipasera.com, polisi seperti tak menyangka akan terjadi bentrokan.  Sekitar jam satu siang, demo aman –aman saja. Sejumlah pendemo berorasi. Namun  pendemo kloter kedua yang datang sehabis demo di DPR, menambah suasana tambah riuh. Ini karena mengingat pendemo makin banyak. Karena ditolak menemui ketua KPK mereka kesal. Akhirnya pendemo ngamuk. Entah dari sisi mana mulainya, tiba –tiba lemparan batu dan kayu makin banyak. Sejumlah polisi terkena lemparan dan gedung KPK terlihat berantakan.

Tapi menurut pendemo bernama Aziz, kerusuhan terjadi karena yang memulai polisi. Ketika mereka datang dari arah utara gedung polisi menembakan water cannon. Terjadilah keributan. Dan polisi terus menembakan water canon dan gas air mata. Rusuh pun tak terelak. (TS/Boy)