PKL Pasar Ciputat Ditertibkan, Pedagang Menjerit.

0

Salah satu sudut PKL Pasar Ciputat Yang Ditertibkan (foto: Ist)

Sejumlah pedagang kaki lima Pasar Ciputat, Kota Tangsel meminta agar Pemkot memberi tempat berdagang yang ramai dengan adanya penggusuran tempat mereka di trotoar dan pinggir jalan Aria Putra, Ciputat. Pasalnya, mereka sudah iklas tempat mereka ditertibkan, namun harus ada imbal balik penyedian tempat yang memadai.

“Kita disuruh masuk  di dalam pasar sementara di dalam tempatnya tidak layak, pembeli  enggan datang. Kalau enggan dating kita yang bangkrut,” kata Sanif, pedagang baju anak –anak (30/5/).

Hal sama diungkapkan  Sainah, pedagang buah yang biasa menggelar lapaknya di ujung jalan Aria Putra. “ Pindah ke dalam pasar, waduuuuuh...yang beli ‘tikus’ got. Tolong dong kalau bicara yang realistis. Lot pasar Ciputat itu ga jelas ventalasinya. Dan itu sudah banyak ditempai pedagang, kami harus dagang dimana?  Dan sepi. Pembeli pasti gam au dating,“ ujar Sainah.

Sainah tak akan mau dagang di dalam pasar. Ia tetap akan memilih tempat di luar. Bila sudah tak ada lahan lagi di pinggir pasar, dia lebih baik memilih  menjauh  dari pasar Ciputat tapi tetap di pinggir jalan.            

Meski ada pedagang yang menolak tapi banyak pula yang mau berdagang di dalam pasar. Hanya saja, ada ratusan PKL (Pedagang Kaki Lima ) yang nasibnya tak lagi bisa berdagang. Sebab Satpol PP akan merazia.
Seperti diketahui, siang tadi  Airin Rachmi  Dhiany, Walkot Tangsel  memerintahkan penertiban  Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memadati trotoar hingga badan jalan di sepanjang Jalan Aria Putra hingga Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat.

Sebab selama ini, keberadaan PKL di kawasan Pasar Ciputat tersebut menjadi penyebab macetnya Jalan Raya Aria Putra hingga menuju akses ke Lebak bulus.

Pengamatan cipasera.com di lokasi, penertiban  dilakukan  dengan mengerahkan TNI, Polri dan Satpol PP serta petugas kelurahan yang jika ditotal jumlahnya sekitar 200 orang. Selain mengerahkan lima truck untuk mengangkut, juga satu alat berat delco untuk merubuhkan. Disiagakan pula empat mobil pemadam kebakaran. Hingga jam 15.00 penertiban masih berlangsung dan semua lapak di jalan Aria Putra sudah bersih.   

Cecep, Ketua RW 09 Kelurahan Ciputat berharap  Pemerintah Kota Tangerang Selatan serius menangani persoalan PKL di wilayahnya. Sebab, kesemrawutan sudah belangsung puluhan tahun dan jangan sampai terulang lagi.(TS)