Dipertanyakan Cek Kesehatan Calon Haji Tangsel di RS IMC

0

 
Pemeriksaan jemaah. (Foto: Ist)

Tangsel- Ada yang aneh dalam kebijakan pemeriksaan 900 calon haji asal Tangsel oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Pasalnya, mereka tidak diperiksa oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangsel, melainkan oleh RS Ichsan Medical Center (IMC)  Jombang, Ciputat. Seperti terlihat  Selasa dan Rabu kemarin, (20/7).

Keanehan tersebut dipertanyakan oleh salah satu calon haji- –sebut saja namanya Achmad. “Di daerah lain sih biasanya  diperiksa di RSUD. Sebab Dinas kesehatan kan mintranya RSUD. Tapi ini Tangsel, aneh,” kata Achmad sambil tersenyum.

Selanjutnya Achmad menjelaskan, bahwa dirinya lebih nyaman diperiksa di RSUD . Sebab RSUD kan milik pemerintah bila ada sesuatu mudah komplainnya. “Biar mewah tapi di rumah sakit swasta bikin tak nyaman. Lagi pula mahal haganya. Mending ke RS daerah murah,” tutur Achmad sambil tersenyum. “Ya kita ikuti saja, mungkin RSUD tak punya alatnya kali.”

Banyak jemaah berharap, pemeriksaan ini tak ada kongkalikong. Seperti diketahui, mulai 19 Juli lalu calon Jemaah haji Tangsel menjalani pemeriksaan di RSIMC  berupa tes fisik, laboratorium, urine, Vaksinasi/meningitis dan legalisasi buku kesehatan jamaah Haji (BKJH). Mereka didampingi  dr. Adhy Purnawan dari Dinkes Tangsel.

Pemeriksaan belangsung selama tiga hari. Tiap hari 300 orang calon Jemaah haji. Dari 900 calon Jemaah haji  didominasi mereka yang berusia diatas 50 tahun yang mempunyai resiko  penyakit hipertensi, diabetes dan jantung.

Setelah lolos pemeriksaan nantinya  pemberangkatan kloter pertama dilakukan  10 Agustus mendatang. Dinas Kesehatan menyiapkan empat petugas kesehatan untuk mendampingi calon jamaah haji selama di tanah suci. (TS)