Sidak Kep Disducapil Tangsel Diprotes Warga: Cari Muka Keatasan ,

0

Rumah kost. Foto ilustrasi. (Foto: Ist)


Sidak (inpeksi mendadak)  yang dilakukan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Camat Serpong pasca lebaran ke rumah kos-kosan di wilayah RW 03, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel, Selasa (19/7/2016) dikritik masyarakat. Pasalnya, Ducapil tak punya hak melakukan operasi semacam itu.

“Dasar hukumnya apa? Ducapil itu dinas yang mengeluarkan KTP. Tapi soal penindakan bukan domainnya. Itu domain aparat penegak hukum, “ kata Asmaranu, sarjana lulusan Unsoed, Purwokerto yang kini berada di Serpong. “Lagi pula, polisipun tak berhak menindak orang yang tak punya KTP Tangsel.”

Bagi Asmaranu, setiap warga Negara Indonesia  berhak datang kemana saja. Juga melakukan aktivitas di seluruh wilayah Indonesia.  “Kita di Tangsel  mau cari rezeki, kenapa dioperasi. Saya punya KTP daerah. Memang ada larangan datang ke Tangsel?” tanya  Asmaranu dengan nada tinggi

Pendapat senada juga diungkapkan Asnawi, pemilik rumah kost di sekitar Setu, Tangsel. Katanya, Ducapil tak punya dasar hukum merazia pendatang. Setiap warga Negara berhak mencari penghasilan dimana saja.

“Sidak Ducapil dan Camat Serpong sekadar cari muka saja ke atasan saja. Maklum Tangsel segera akan melakukan pergantian pejabat,” kata Asnawi berapi –api. “Harusnya mereka paham itu rugikan masyarakat, kalau sidak melulu, rumah kost kami ga laku. Orang  jadi takut.”    

Seperti diketahui, kemarin  Ducapil melakukan sidak bina kependudukan ke Buaran, Serpong. Dalam sidak tersebut, didapati masih banyak penduduk yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Tangsel. Namun para penghuni kos-kosan di wilayah tersebut beralasan penduduk non permanen.

Kepala Ducapil Tangsel Toto Sudarto mengatakan,  ini operasi bina kependudukan yang pertama pasca Idul Fitri 2016 (lebaran) dan hanya sampel. Selanjutnya, silakan Camat meneruskan. “Kita hanya mendata apakah penduduk yang ada sudah memiliki KTP Tangsel atau masih KTP luar Tangsel,” kata Toto.(TS/Mh)