Keranda Gentayangan Bikin Ramai dan Resah Warga

0

Ilustrasi kuung batang


 Beberapa hari lalu masyarakat di  RT 001/04 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok digegekan dengan adanya keranda tebang. Yang dimaksud keranda terbang adalah kurung batang tempat untuk membawa jenazah untuk kekubuan. Secara gaib, malam itu kurung batang berjalan di sebuah gang tanpa ada yang mengusungnya. Kurung batang tersebut terlihat seperti terbang.

Kurung batang terbang tersebut kebetulan dilihat sejumlah orang. Temasuk RT 001/RW 04 Edi Supiadi. Istri  Edi juga melihat. Maka gegerlah  masyarakat. Orang menyebutnya penampakan kurung batang terbang.

Banyak pula rumah produksi dan acara televisi yang datang ke lokasi untuk membuktikan kebenaran isu tersebut. Beberapa hari terakhir setiap malam di lokasi sering dijadikan lokasi syuting untuk melihat penampakan.

"Namanya dunia gaib pasti ada. Meskipun saya dan isti melihat, biasa saja. Itu dunia gaib. Dan atas kejadian itu kami tidak melakukan aksi khusus koordinir warga terkait kejadian ini. Biasa -biasa saja menanggapinya," kata Ketua RT, Edi. Bahkan Edi menghimbau masyaakat untuk tenang. Itu fenomena hantu. Dan tak pelu belebihan menanggapi.

Namun akibat kemunculan penampakan, sejumlah media dan stasiun tv mencoba mencari informasi dan pembuktian. Akibatnya lokasi tempat keanda terbang tesebut ramai didatangi oang. "Sudah ada beberapa pogam televisi yang syuting di gang ini. Kemain  pas malam Jumat juga ada yg syuting. Tapi taka da penampakan,” kata Nasryl  warga Sawangan,  Jumat (19/8/2016).

salah satu gang, lokasi penampampakan kurung batang. (foto: ist)

Dengan ramainya pembeitaan media,  Lurah Sawangan Baru Sutisna meminta media tidak membesar-besarkan isu ini. Dia mengatakan warga kelurahannya sudah cukup resah mendengar isu-isu tak jelas semacam ini. "Ada enam orang warga saya yang mengaku melihat langsung keranda terbang tersebut," katanya Tisna.  "Warga mengaku melihat kurung batang yang terbang, lalu menghilang," tambahnya kepada media.

Walhasil, sampai saat ini, warga Sutisna masih terus resah. Bahkan sebagian warga ada yang ketakutan dengan adanya fenomena itu. "Tapi sampai sekarang belum bisa dibuktikan fenomena tersebut. Baru dari pengakuan warga yang konon melihat saja," ucapnya.

Sutisna mengatakan warga yang pernah melihat fenomena itu berada di RT01 RW4 dan RT3 RW5 Kelurahan Sawangan Baru. Keranda mayat terbang tersebut biasa terlihat di atas pukul 23.00. Tapi dia menekankan sudah memeriksa dan tak menemukan fenomena itu.
(TD)