KPU Tangsel Berharap Partisipasi Masyarakat Naik di Pilgub

0




Tangsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan mengadakan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat  dalam pemilihan gubernur (pilgub)  Banten 2017, i Kamis (25/8-2016) di Aula Kecamatan Setu.

Acara dihadiri  Ketua KPU Tangsel M. Subhan, Asda. 1 Pemkot Tangsel, Ismunandar, Komisioner KPU Basuki Badrus, Camat se-Tangsel dan para Lurah se Kota Tangsel itu berlangsung

Ketua KPU Kota Tangsel, M. Subhan mengatakan,  masyarakat Kota Tangsel diharapkan memiliki  kesadarannya yang tinggi sehingga memberikan kontribusi yang signifikan.

“Kami berharap di Pilgub dan Pilwagub tahun 2017- 2022 kesadaran  meningkat lagi di atas 1,9%. Saya  optimis dapat  mencapai sasaran moderat,” kata Subhan.

Komisioner KPU  Badrus Salam dalam paparannya menyatakan,  kurangnya informasi, lemahnya tehnis membuat partisipasi menurun. Penurunan partisipasi ini membuat  kontrol terhadap proses penyelenggaraan pilkada menjadi pula berkurang.

Hasil normative meningkatnya  kesadaran pemilih adalah pemilih ikut dalam mengamankan hak suaranya melalui pengawasan partisipatif. Dengan kontol ini mendorong proses pemilu berlangsung secara luber dan jurdil.

Peta simpul masyarakat,untuk meningkatkan partisipasi perlu di buat. Ditentukan lembaga mana, kepentingan dan tahapan yang sesuai dengan kepentingan Bawaslu. Yang menjadi fokus adalah masalah DP4, Penyusunan DP, Coklit, penetapan dan pengumuman DPS, perbaikan DPS, penatapan DPT, pengumuman DPT, ujarnya. (Tp)