Golput Pilgub Banten di Tangsel Dipediksi Capai 50% Lebih

0

Subhan Tengah. KPU Tangsel (Foto :Ist)

Golput di Kota Tangsel diperkirakan akan tinggi pada Pilkada Gubenur Banten  2017 nanti,  meskipun upaya sudah dilakukan oleh KPU Tangsel terhadap pemilih.

“Kami berharap angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada Banten naik. Sebab pilihan gubenur itu penting. Kami sudah verifikasi calon pemilih, dan tiap rumah yang diverifikasi ditempel stiker Pilkada Banten, berarti masyarakat tahu ada Pilgu, “ kata Sub’han,  Ketua KPU Tangsel kepada cipasera.com kemarin (26/9) “Memang, sosialisasi Pilgub untuk masyarakat  mesti digalakan lagi. Banyak catatan, di daerah yang tak punya dana sosialisasi tinggi partisipasinya. Tapi sebaiknya  banyak sosialisasi untuk meningkat angka partisipasii pemilih. “

Data yang dihimpun Cipasera.com  dari  KPU Kota Tangsel, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014, yakni 67,15 dan 69,07 persen. Sementara  partisipasi  menurun pada Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Tangsel 2015 silam dengan tingkat partisipasi 56,8 persen, atau 529.106 pemilih dari 930.483 jumlah pemilih.

“Bila angka partisipasi  hanya 56,8 persen untuk pilkada kota Tangsel, sangat dimungkinkan untuk pilgub bisa turun  hingga 10 persen, sebab ikatan emosi yang rendah dan karena problem KTP. Hingga sekarang, lebih dari 90 ribu pemilih tak punya identitas KTP selaku syarat tedaftar dalam pemilih Pilgub.     

Terpisah, dalam tahap tes  kesehatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, tahap kedua, bakal paslon selain dites kesehatan juga diberikan 526 pertanyaan tertulis.

“Tes kesehatan berjalan lancar. Tadi treadmil, paru, kacamata gigi, hingga jantung,” kata Cagub Rano Karno, kepada wartawan usai tes kesehatan di Rumah Sakit Prawiranegara, Senin (26/9).
Selain tes kesehatan, Rano bilang, diinya juga  mengisi soal sebanyak 526 pertanyaan, dari 12 kegiatan. “Alhamdulillah, Lancar tinggal nunggu hasil dari KPU,” kata Rano.

Sementara itu, pasangan WH-Andika, keluar dari ruang tes lebih dahulu dari jadwal yang sudah ditetapkan. Kepada wartawan saat dihuhungi, Andika mengatakan bahwa proses tes kesehatan berjalan lancar.

“Alhamdulillah lancar, tadi pemeriksaan dari kepala sampai ujung kaki, optimis lulus,” kata Andika.

Lepas dari itu, di mata para aktivis partai, Rano masih tertinggi. Hal ini dikatakan Wawan Iriawan, Ketua  Nasdem kepada watawan. Menurutnya, salah satu parameter penentuan bakal calon kepala daerah  adalah, survei. Dan dari hasil survei yang telah dilakukan selama ini, elektabilitas petahana Rano Karno, tetap bagus. Sayang, Wawan tak menyebut prosentasenya. (TS)