Kerajinan Unik Berbagai Daerah Menarik Warga Tangsel

0



Marwan Syanudin sedang melihat kerajinan tas yg dipamerkan. (foto: Ist)
Setelah dua hari belangsung, acara  Nusantara Handycraft di Bintaro Jaya Xchange, Tangerang Selatan  ramai dikunjungi masyarakat, teutama setelah di atas jam tiga sore. Rata- rata pengunjungnya adalah keluarga yang sedang jalan –jalan.

“Kami sengaja dating kesini kaena dengar diberi tahu tetangga. Katanya, keajinannya bagus –bagus. Ternyata memang lumayan. Saya menyukai kerajinan hiasan dai Lombok berupa  tas ,” kata Indri yang tinggal di Vila Bintaro,  Pondok Aren. “Hanya saja, sayang harganya cukup mahal. Memang tas barangnya bagus. Cuma mestinya harganya didiskon.”

Seperti diketahui, sebanyak 52 pengusaha kerajinan dari Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Pekalongan, Sumatera Barat, Bali, Lombok, Kalimantan, Papua, Bekasi, Tangerang, Tasikmalaya, dan DKI Jakarta  ikut meamaikan acara Nusantara Handycaft di Bantaro X-Change  dari tanggal 7 hingga 18 September.  

Event ini diselenggarakan Asosiasi dan Eksportir Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan  merupakan pameran tahunan yang sudah dilakukan sebanyak lima kali ini. Dalam penyelenggaraannya   melibatkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Tangsel. Ikut pula 20 UKM Tangsel dalam acara ini.

Kepala Dinas Koperasi UKM Tangsel, Warman Syanudin  menyatakan, pihaknya sangat senang dengan teselenggaranya  pameran Nusantara Handycraft  ini . Sebab dengan event ini ikut  memperkenalkan UKM yang ada di Tangsel.


“Kita  sangat senang dan menyambut  acara  yang sangat bagusini. Karena acara ini basisnya UKM dan kami  berterima kasih pada ASEPHI yang telah  memfasilitasi kita secara gratis,” ujar Warman.

Ketua Umum ASEPHI, Thamrin Bustani yang diwakilkan oleh Piter Sumbung memaparkan tujuan dari pameran tersebut untuk menampilkan produk- produk unggulan dari setiap daerah.

Program ini diadakan untuk meningkatkan kerajinan tangan dari setiap daerah dengan tujuan  mendorong dan mendukung produk- produk unggulan dari daerahnya.

“Kita berharap kepada pemerintah untuk meningkatkan usaha kerajinan agar terus tumbuh. Selain itu  mengucapkan terimakasih  kepada semua pihak yang telah mendukung progam ini,” kata  Piter.

Selain di Bintaro Jaya Xchange, pameran kerajinan ini juga hadir di 6 mall se-JABODETABEK yaitu di Puri Indah Mall, Mal Taman Angrek, Living Word Alam Sutera, Summarecon Mal Serpong, dan Margo City Depok setiap tahunnya. (Ts)