PLT Gubernur Pengganti Rano Belum Ditunjuk Mendagri

0

kusmayadi (Foto:Ist)
Sebentar lagi, tepatnya 28 oktober, masa kapanye Pilgub Banten dimulai. Namun untuk menjaga netralitas, petahana harus cuti. Dan sampai tulisan ini diturunkan cuti untuk Rano Karno, Si Petahana belum turun dari Kemendagri. Hal sama juga belum jelas, siapa PLT gubernur Banten yang ditunjuk Mendagri.

Menurut E. Kusmayadi, Kep Biro Pemerintahan Prov Banten, Pemprov Banten belum mengetahui siapa yang bakal menjadi pejabat pelaksana tugas (Plt) gubernur selama Rano cuti.    “Saya belum tahu. Itu merupakan kewenangan Kemendagri. Pemprov Banten menerima siapapun yang ditugaskan oleh Kemendagri untuk menjadi Plt Gubernur,” kata Kusmayadi.

Tapi  E Kusmayadi memastikan,  Gubernur Rano Karno sebagai calon petahana pada Pilgub Banten 2017 sudah mengajukan cuti kampanye kepada Kementerian Dalam Negeri. Surat permohonan cuti diserahkan pada Rabu (5/10) lalu.

“Surat izin cuti gubernur sudah di Kemendagri. Sekarang menunggu diterbitkan SK Mendagri. Cuti di luar tangungan negara,” ujar Kusmayadi  seperti dikutip media onlbyeRadar Banten, Minggu (9/10).

Arjun Safei, warga Tangsel yang mengaku pendukung WH berharap, Rano harus cuti dan pengganti Rano (PLT) harus pula orang yang tak punya hubungan dan simpati dengan petahana. “Kalau PLT pejabat simpatisan Rano kita khawatir berpihak. Mestinya kan harus netral” ujar Arjun. “Mari kita awasi Pilgub Banten agar berjalan  jujur dan demokratisil.” (ts/by)