Gegara Ahok Alim Ulama NTB Tolak Kedatangan Jokowi

0

Para Ulama NTB. Menolak Jokowi. (foto: Ist)


 Cipasera.com. Agaknya mulur mungkretnya penanganan kasus penistaan agama oleh Ahok bikin umat Islam di Negeri Seribu Mesjid. Ini terbukti, Aliansi Umat Islam (AUI) NTB  menolak kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke NTB pada 22-23 November mendatang. Jokowi direncanakan membuka Pameran Teknologi Tepat Guna se-Indonesia yang akan dihelat di Lombok, NTB.

Ketua AUI NTB Deddy AZ menyampaikan, langkah penolakan ini merupakan bentuk kekecewaan masyarakat muslim NTB terhadap lambannya penyelesaian kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ia menilai, pemerintah juga terkesan bertele-tele dalam menyelesaikan persoalan yang pada akhirnya memantik reaksi keras dari umat muslim se-Indonesia. Selain itu, langkah penolakan juga tak lepas dari keengganan presiden menemui jutaan massa aksi dalam demo akbar pada Jumat (4/11) lalu.

Deddy melanjutkan, akan ada dua bentuk aksi yang rencananya dilakukan, dan hal ini tergantung sikap presiden dalam menyelesaikan persoalan Ahok. “Kalau (Ahok) ditangkap sebelum tanggal 22, kita aksi simpatik dan terima kasih telah menangkap. Kami akan sambut Jokowi dengan karangan bunga,” ujarnya di Mataram, Jumat (11/11).

Akan tetapi, ia katakan, apabila sampai 22 November belum ada penangkapan terhadap Ahok, AUI NTB dengan tegas dan keras menolak kedatangan presiden ke NTB. “Kalau belum ditangkap sebelum tanggal 22, kita aksi menolak Jokowi  datang dan menginjakkan kaki di NTB,” katanya menegaskan.

Setelah ditanyakan apakah penolakan semacam ini akan dilakukan oleh daerah lain yang sedianya diagendakan akan dikunjungi Jokowi? Belum ada informasi selanjutnya. Kita tunggu saja.  (ts/Samawa Rea)