Ribuan Pemilih Ganda Banten Ada Dimana-mana

0




 Cipasera.com – Semakin mendekati hari pemilihan, semakin kentara ada pihak –pihak yang coba bermain dalam menyulap jumlah data Daftar  Pemilih Tetap (DPT). Hal itu tercium oleh  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten. Ribuan pemilih siluman ditengarai ada di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Banten.

Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banten Eka Satia Laksmana menyatakan, adanya puluhan  ribu pemilih siluman  itu dikarena adanya warga yang mempunyai hak pilih  ganda di Pilkada nanti. Data tersebut, tentu  dinyatakan  tidak memenuhi syarat.

" Sesudah kami umumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS)  awal November 2016, kami evaluasi kembali kembali. Kami temukan data pemilih ganda yang jumlahnya mencapai puluhan ribu, " kata  Eka kepada  wartawan  Selasa (6/12/2016).

Menurut Eka,  setelah mengidentifikasi pemilih siluman tersebut, Bawaslu  langsung mencoret dan memberikan rekomendasi kepada KPUD Banten  agar data itu tidak dimasukan dalam DPT Pilkada Banten.

Dan data ganda  tersebut  langsung mendapat tanggapan serius dari KPUD. Waktu itu KPUD langsung mengeksekusi  bersama  Panwaslu di setiap daerah. Sayangnya,  Eka tidak  merinci berapa jumlah data pemilih ganda  di tiap kabupaten dan kota di Banten.
"Rincian jumlah DPT Ganda ada di kantor. Yang pasti  jumlahnya cukup banyak, tapi semua sudah clear," kata Eka. (**)