Tol Serpong - Balaraja Mulai Dikerjakan Hari Ini

0


 
Salah satu pemerataan tanah untuk tol Serpong - Balaraja. (Foto: Ist)

Cipasera.com- Akhirnya pembangunan tol Serpong – Balaraja dimulai. Proyek kerjasama Pemerintah Kabupaten  Tangerang bekerjasama dengan Trans Bumi Serbaraja diresmikan tadi siang di Serpong, Tangsel.  

Bupati Tangerang Zaki Iskandar mengatakan, mulai hari  Kamis (15/12/2016) sudah dilakukan pencanangan jalan tol Serpong-Balaraja. Pembangunan jalan tol ini direncanakan kelar  tiga tahun. .
“Tahap  Serpong  -Legok diharapkan pembangunan sudah selesai di tahun 2020. Dengan adanya tol bisnis  akan tambah maju,” ujar Zaki Iskandar.

Zaki melanjutkan, dengan  adanya  jaringan jalan tol tersebut dapat membuka daerah dan wilayah baru di sekitar Jambe, Solear, Legok dan Tigaraksa. Selain bagi wilayah Kabupaten Tangerang, jalan tol ini akan menjadi men-trigger  wilayah Bogor dan Maja, Lebak. Tentunya dampak ekonomi yang akan diterima bagi Kabupaten adalah peningkatan PAD dan akan mengurangi angka pengangguran di wilayah Kabupaten Tangerang.

Direktur BSD FX Ridwan Darmali menilai,  jalan tol Serpong-Balaraja sepanjang 40 Km akan cepat selesai.  Proyek jalan tol yang menelan biaya sekitar Rp 6,2 Triliun tahun ini sudah dicanangkan memasuki tahapan kontruksi. Penyerahan surat perintah memulai kerja hari ini sudah  dilaksanakan  PT. Trans Bumi Serbaraja  kepada pihak kontraktor.

“Ruas tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Metropolitan area, yang menghubungkan jalan tol eksisting Jakarta-Serpong dengan tol Merak-Tangerang,” jelas Ridwan kepada awak media.

Dari akumulasi dana pembiayaan  Rp 6,2 Triliun terbagi dua bagian.  Rp 4,3 Triliun  dibiayai dari kredit sindikasi perbankan.  Rp 1,9 Triliun, sisanya  akan ditutup oleh ekuitas PT. Trans Bumi Serbaraja.

“Ruas tol ini akan disesuaikan trasenya sesuai perkembangan  menjadi sekitar 40 Km untuk mengakomodasikan perkembangan wilayah Tangerang dan perkembangan kota baru Maja,” ungkap Ridwan.  (Ts)