Pembaruan Layanan Aplikasi SIMANJA PU Tangsel

0


                                                         
SIMANJA siap diunduh


Cipasera.com- Seiring dengan perubahan  nama SKPD yang  diberlakukan pada awal tahun 2017  oleh  Pemkot Tangerang  Selatan ini,  termasuk  Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA)  yang kini berubah menjadi  Dinas Pekerjaan Umum (DPU),  maka layanan  aplikasi  SIMANJA DBMSDA Kota Tangsel kini berubah menjadi  SIMANJA PU Kota Tangsel.

Hal itu dikatakan Imanudin, Kasi Humas Dinas PU Tangsel  yang menggagas layanan tersebut. “Betul, SIMANJA  sekarang diubah jadi  SIMANJA  DPU Kota Tangsel. Aplikasi bisa di unduh di play store dengan  android,” kata Imanudin, Sabtu 11/2/2017 melalui HP.  “Tapi  konten layanan  pengaduan  SIMANJA  tidak berubah. Silakan  warga  mengirim  pengaduan bila ada jalan  dan jembatan rusak. Kami akan merespon dengan cepat.”

Aplikasi SIMANJA  DPU Kota Tangsel ini  sejak diluncurkan tahun lalu  banyak direspon masyarakat karena praktis dan cepat.   Warga Kota Tangerang Selatan  tak perlu repot dan bingung melapor jika menemukan ada jalan atau jembatan yang rusak. Cukup melaporkan melalui aplikasi android, SIMANJA alias Sistem Informasi Managemen Jalan dan Jembatan.

Hanya dengan mengakses aplikasi Simanja melalui android, lalu mengirimkan email ke Layanan_pengaduan@DPU.tangerangselatankota.go.id. Kemudian, sistem akan segera menampilkan titik lokasi jalan atau jembatan yang rusak tersebut. Laporan tersebut segera ditindaklanjuti oleh staf operator bagian pelayanan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tangsel.

Pengaduan  secara online tersebut pernah dilakukan  oleh warga Kampung Sawah, RT 05/RW 05, Ciputat, Kota Tangsel. Ketua RT setempat, Ahmad Sofian menyatakan,  pengaduan tersebut segera  ditindak lanjuti.  Sekarang  beberapa ruas jalan di Kampung Sawah yang rusak  sudah diperbaiki. Ini berkat  pengaduan   melalui layanan SIMANJA PU.

Seperti  diketahui, aplikasi SIMANJA  menjadi  peringkat kedua dalam Pameran dan Lomba Inovasi Proyek Perubahan  yang  diadakan  Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Banten. Selain pengaduan, SIMANJA juga membantu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai soal jalan, seperti nama jalan, panjang jalan, dan kondisi jalan.

Saat mengakses mengakses  Simanja PU akan muncul 3 layanan yang bisa dipilih, yakni melalui pesan pendek (Short Message Service/SMS), panggilan telepon di hotline 758 75438, atau melalui surat elektronik (email). (T/*)