Lelang Jabatan Di Tangsel, Tiga Dinas "Basah" Jadi Incaran

0


Benyamin Davnie

Cipasera.com- Sejumlah pejabat eselon III di lingkungan Pemkot Tangsel mengaku siap mengikuti “kompetisi”  lelang jabatan untuk  delapan jabatan kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang masih kosong.

Namun semua pejabat yang berminat mencalonkan diri saat dihubungi cipasera.com, tak mau namanya diekpos.“Saya insya Allah ikutan nyalon ….tapi maaf, mas, nama saya jangan diekpos. Nggak enak, nanti ramai,” kata seorang Sekretaris Dinas Kota Tangsel. “Ya, saya ingin ikut karena secara administrasi, saya memenuhi syarat. Dari masa jabatan sampai golongan yang saya miliki.”

Dari catatan cipasera.com ada sekitar 20 pejabat yang memenuhi kualifikasi mencalonkan diri ikut lelang jabatan. Mereka ada  camat, Kabid (Kepala Bidang) atau yang sekatang menjabat sebagai Sekdis (Sekretaris Dinas) di Pemkot Tangsel. Mereka semua secara administrasi memenuhi syarat.

Namun dari delapan OPD  yang bakal menjadi favorit diikuti adalah lelang jabatan sebagai Kepala Dinas  Kesehatan, Pendidikan dan Kebudayan serta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu. Sebab tiga dinas tersebut dikenal sebagai “dinas basah”. Anggarannya cukup besar. 

“Ach saya tak mau ikut yang basah. Resikonya tinggi. Makin banyak anggaran makin pusing,” kata seorang pejabat yang berminat mencalonkan diri ikut lelang.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie merasa senang dengan banyaknya yang ikut lelang. Itu tandanya, mau memajukan Tangsel. Benyamin juga mengatakan, Pansel (Panitia seleksi)  saat ini sudah terbentuk dan bekerja mempersiapkan pelelangan calon peserta.

“Pansel yang sudah terbentuk dan sudah bekerja, minggu depan sudah melakukan pembukaan pelelangan,” ucapnya saat ditemui di resto Remaja Kuring, Kamis (2/3/2017).

Pansel lelang jabatan  berjumlah lima orang yang di dalamnya terdiri dari Sekretaris Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), akademisi dan pimpinan lembaga Negara dan  sudah dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketua Tim Pansel dipimpin oleh  Muhadi.  Muhammad (anggota),  Sri T (anggota),   Hidayat Jauhar (anggota). Yang dilelang sekitar 8 SKPD dengan proses  empat bulan sudah terpilih.

Delapan  OPD yang akan dilelang  adalah Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta‎ Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu‎. (Red/Ts)