Pembina Pramuka Makan "Berpiring Tanah" Kena Sanksi

0

Pramuka makan "berpiring tanah" di Tanjung Kait (foto: Ist)


 Cipasera.com –Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan oleh adanya  foto anggota Pramuka makan beralaskan tanah. Ternyata, foto tersebut diambil dari kegiatan pramuka  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, saar sedang kamping.

Perilaku tak wajar ini direspon oleh Kwarcab Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat.  Pembina Pramuka yang bertanggung jawab atas peristiwa tersebut diberi  sanksi.  "Kami sudah  berikan sanksi tertuli. Mudah –mudahan ini bisa jadi  pelajaran kita semua. Terutama fungsi pengawas," ujar Dadang pada wartawan, Senin, 27/3/2017 .
Selanjutnya  Dadang mengatakan, kegiatan pramuka yang “makan beralas tanah” tersebut  diselenggarakan  17-19 Maret 2017 di pantai Tanjung Kait, Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut  diadakan dalam rangka pembinaan terhadap puluhan anggota baru Satuan Karya Wira Kartika yang terdiri dari siswa setingkat SLTA.

“Para anggota diminta untuk makan bersama dengan membawa tempat serta alat makannya masing-masing. Tetapi ada anggota yang  bawa dan ada yang tidak. Mereka yang tak bawa   diminta untuk makan bersama. Mereka memilih untuk makan di tenda masing-masing,." Kata Dadang. “Mereka lalu kena  hukuman seperti itu. Sebenarnya itu sebagai bahan evaluasi, kenapa makan masing-masing. Jadi sisa makanan mereka dijejerin, disuruh mikir. Tapi enggak ada yang makan," tutur Dadang.
 
Meski demikian, kata Dadang,  hal itu tetap salah hingga akhirnya muncul foto tersebut dan menjadi viral. Dan pembinanya sudah diberikan sanksi tertulis. (Red/RN)