Karena Banyak Gang, Penembak Rumah Jazuli Sulit Dilacak

0


 
Aparat Labor Polri di depan rumah Jazuli (Foto: Ist)


Cipasera-com – Jazuli Juwaini, Ketua Fraksi PKS  DPR-RI  sudah lebih 20 tahun tinggal  di Jalan Musyawarah 10 RT 4 RW 4 Sawah Lama Ciputat Tangerang Selatan. Selama tinggal disitu nyaman –nyaman saja  meski RT 04 merupakan perkampungan padat. Sepanjang jalan Musyawarah di kanan  kirinya berderet rumah –rumah sederhana.

“Walau pun di perkampungan tapi beliau kelihatan betah. Padahal sebagai anggota DPR-RI Pak Jazuli juga dapat perumahan. Tapi beliau lebig senang disini,” kata  Asruni, warga jalan Musyawarah, 50 meter dari rumah Jazuli. “Disini meski perkampungan, tapi daerah aman. Jarang terjadi pencurian. Anak muda taka da yang mabuk-mabukan.”  

Lantaran itu, Asruni  cukup heran  ketika mendengar  rumah  Jazuli  ditembak jendelanya. Setahu dirinya, 2 Mei lalu saat dugaan penembakan terjadi, di jalan  Musyawarah  siang tak ada sesuatu yang aneh. “Kendaraan mah biasa seliweran. Namanya juga jalan. Rame orang,” tambah Asruni.

Bukan cuma Aruni,  Ketua RT 4 RW 4 Sawah Lama Sadiman Susanto  juga heran.  Sadiman  tahu ada penembakan  di rumah warganya  Kamis (4/5) siang. Padahal, menurut dugaan polisi, dugaan penembakan terjadi pada Selasa (2/5) dan dilaporkan ke polisi Rabu (3/5). "Heran juga, saya baru  siang ini nih  tahu. Ini karena  warga rame," kata Sadiman.

Sadiman  saat ditanya soal keamanan di wilayahnya, ia mengatakan selama ini aman –aman saja. Namun diakuinya  penjagaan  keamanan masih kurang.  Menurutnya,  petugas keamanan yang berjaga di sekitar RT 4 Sawah Lama Cuma satu.

“Petugas Cuma satu memang kurang. Tak sebanding dengan luas RT 4 , wilayahnya,” kata Sadiman, “ Memang disini  ada satu pos keamanan tapi tetap saja kurang.”

Sadiman benar.  Wilayah  RT 04 memang cukup luas. Sekitar 240 rumah ada di wilayah itu. Tak hanya itu, posisi rumah Jazuli juga bisa diakses dari banyak jalan. Cipasera.com  yang sempat menyusuri jalan Musyarah  Kamis, 4/5/2017,  cukup bingung dengan banyaknya gang yang tembus ke berbagai arah.

Jalan Musyawarah  yang lebarnya sekitar tiga meter itu   bisa diakses dari jalan Ki Hajar Dewantara. Jalan ini dari arah Ciputat lurus akan sampai ke  “Perempatan Duren”. Nah bila dari Perempatan Duren ke kiri, ada jalan Merpati . Dari depan Puspo Budoyo, jalan Musyawarah juga dapat diakses. Hanya saja, bila tak biasa akan kesasar sebab banyak  gang.
 
Dengan banyak gang dan berliku pula, maka tak heran  ada warga yang bilang,  penembak rumah Jazuli sulit dilacak. “Dahulu kalau ada maling  lari ke  Musyawarah sulit ditangkep. Lha disini gang banyak banget,” kata seorang warga kepada cipasera.com.   (red/Ts)