Website Kominfo Tumbang, Ada Apa?

0

Add caption


Cipasera.com – Masyarakat bertanya –tanya,  website Kementerian Komunikasi dan Informatika yang beralamat di kominfo.go.id tidak dapat diakses alias tumbang. Diperkirakan, situs bersangkutan ngadat sejak Minggu malam ini.
Plt Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza mengatakan, situs Kominfo  mengalami kenaikan trafik kunjungan yang diduga karena siaran pers terkait Ransomeware WannaCry yang diterbitkan oleh Kominfo, bukan faktor lain. Masyarakat sepertinya ingin tahu info lebih lanjut.

"Sepertinya begitu, karena akses ke sana besar," ujar Noor dalam rilisnya.
Noor menyebutkan bahwa indikasi adanya kenaikan trafik ini sudah terasa sejak Sabtu sore, (13/5/2017). Namun mengalami puncaknya di keesokan hari hingga membuat situs Kominfo tumbang.

"Sejak Sabtu sore trafik meningkat. Siang tadi sudah mulai tinggi banget karena saya merasakan untuk akses meski Alhamdulillah masih bisa," ucapnya.

Lebih lanjut, Noor menjelaskan trafik akses ke server kominfo.go.id sangat tinggi yang biasanya di bawah 20 Mbps menjadi 140 Mbps dengan kenaikan jumlah hit bersamaan meningkat tajam. Sehingga sekarang sedang dilakukan penyesuaian untuk mengatur beban trafik.

Diungkapkan Noor sampai saat ini tim internal dari Kominfo terus memperbaiki situsnya agar bisa diakses seperti sedia kala lagi.

"Sedang dilakukan adjustment untuk mengatur beban," sebutnya. (Red/detik)