Gara- Gara Quraish Shihab, Sholat Ied di Jatinegara 500 ribu Jemaah

0
500 ribu jemaah sholat Jatinegara 2017. Luar biasa 

Cipasera.com-
Sholat Ied, Minggu, 25/6/2017  di Masjid Istiqlal dengan pengkotbah Dr Quraish Shihab  kurang diminati jemaah.  Ini tampak dari hadirin yang datang yang kabarnya  diperkirakan hanya 75 ribu orang. Padahal Humas masjid tersebut, Abu Hurairah Abdul Salam, sehari sebelumnya  memperkirakan sekitar 100  - 150 ribu orang. Sebab sholat Ied di Istiqlal akan dihadiri pejabat  negara.

Tapi apa hendak dikata, justru jemaah sholat Ied  di areal Jatinegara dengan khatib Bactiar Natsir membanjir.  Sepanjang mata memandang,  sholat yang memenuhi Jalan Raya Jatinegara dan Otista dipenuhi jemaah. Sekitar 500 ribu jemaah sholat disitu. Mereka datang  dari berbagai sudut Jakarta.

Membludaknya  peserta sholat Ied di Jatinegara kemudian menjadi viral. Bahkan mendunia, dikomentari berbagai nitizen, diantaranya  Sammy di twitter. Sammy adalah warga Gaza,  Palestina..

Mengapa sholat di  Matraman  Jatinegara membludak? Ada kemungkinan karena ajakan jangan sholat di Istiqlal oleh beberapa akun FB dengan alasan khatibnya Quarish Shihab. Dosen Pasca Sarjana  UIN itu dinilai liberal karena membolehkan perempuan tak  pakai jilbab.  Salah satu akun yang mengeluarkan pendapat itu adalah   akun milik seleb medsos FB  Jonru Ginting. Dan dilike ratusan ribu orang.

Kutipan yang dipasang di Fan page Jonru

“Saya memang enggan sholat di Istiqlal tahun ini. Biasanya shalat disitu,” kata Arga, warga Salemba RT 07. “Saya tak nyaman dengan khatibnya, Quraish Shibab. Saya tak sepaham dengan pemikirannya.”

Sejumlah orang yang dimintai  pendapatnya  awak media juga menyatakan hal sama.  “Kalau  aku  sholat disini  karena  lebih dekat rumah dan gak sepaham dengan Quarish Shihab. Tapi biar jauh, kalau bukan Quraish aku  sih sholat di Istiqlal. Lebih afdol,” kata  H. Rojali, yang tinggal di Bukit Duri Tanjakan, Jaksel.

Lepas dari itu. Sholat Ied di berbagai tempat di Jakarta berjalan lancar dan tertib. Tak ada insiden dan gangguan apapun. (Red/Isd)