H-2 Lebaran, Tol Merak Macet 8 KM. Di Bandara Soeta 5 Menit Sekali Pesawat "Take Off"

0

Antrean kemacetan di Gerbang Tol Merak. (Foto: Tempo)
Cipasera.com- Jelang  Idul Fitri 2017 H-2 jalan tol Merak  menuju Pelabuhan Merak hingga Jumat, 22/6/2017 pukul 01.30   diwarnai kemacetan total  yang panjangnya hingga 8 KM. Kemacetan tersebut  terjadi   dalam  antrean kendaraan  di dalam tol maupun di luar tol. Kemacetan terjadi  di Kilometer 95, tepatnya  di Desa Tegal Wangi. 

Sementara untuk mengurangi antrean,  Jalan Cikuasa Atas telah dijadikan area  parkir  kendaraan yang akan  menuju Pelabuhan Merak.


Pantauan cipasera.com,  panjangnya antrean menuju Pelabuhan Merak sebagian  kendaraan di dalam tol dialihkan melalui Gerbang Tol Cilegon Barat

"Walau ada rekayasa pengalihan  lalulintas ke Cilegon Barat, kami tetap melayani pintu  pembayaran tol di loket  tujuh gardu transaksi,” kata Dadang  petugas Jasa Marga, Jumat, 22/6.


Dadang juga mengatakan, meski ada kemacetan parah, tol tetap tidak digratiskan. Dan sejak siang hingga pukul 01.30, kendaraan tol yang keluar dari Gerbang Tol Merak tercatat 14.920 untit.


Tak hanya terjadi ledakan arus mudik di tol,  pemudik juga membanjiri Bandara Soeta, Cengkareng. Setidaknya, Kamis 21/6  penumpang yang menggunakan pesawat mencapai 1.380.162 penumpang.Jumlah  penumpang tersebut merupakan penumpang yang berangkat maupun yang datang melalui Bandara Soetta.


Menurut  Branch Communication Manager Bandara Soeta, hingga H-3  terdapat peningkatan penumpang sekitar 6,47 persen dibanding tahun lalu dengan jumlah  208.945 penumpang. Jumlah itu total penumpang yang  berangkat maupun yang tiba di bandara.


Tingginya pergerakan penumpang  otomatis terjadi peningkatan  pergerakan pesawat sebanyak 1.311.  Tiap  jam  rata-rata 76 pesawat yang  take off maupun landing di Bandara Soetta. Dengan demikian sekitar 5 Menit sekali pesawat take of. (Red/ts/to)