Heboh Gambar Palu Arit Di Perusahan China di Banteng

0
Simbol Palu dan Arit

Cipasera.com - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Al Hamidi membenarkan ada pengibaran spanduk K3 yg lambangnya mirip logo bendera PKI oleh perusahaan milik China di Banteng.

Hamidi mengaku menangani langsung persoalan itu.
"Spanduk K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) punya China memiliki gambar mirip palu dan arit. Waktu itu kita kerja sama dengan Polda Banten, memang mirip," kata   Hamidi di Kantor Disnakertrans Provinsi Banten, Jalan Syeh Nawawi Al-Bantani, Serang, Banten, Jumat (21/7).

Hamidi menjelaskan, bendera K3 milik Tiongkok itu memang mirip lambang palu arit. Apalagi, jika lambang itu dilihat dari belakang.

Pihaknya pun mengerahkan tim dari Polda Banten untuk mengonfirmasi ke Tiongkok. Mereka kemudian mencocokkan lambang K3 yang ada di lokasi dengan lambang K3 yang dikirimkan Pemerintah Tiongkok.
Piihak Tiongkok sudah mengonfirmasi kalau tidak ada unsur kesengajaan dalam lambang itu. Namun, lambang itu sempat menimbulkan kesalahpahaman di kalangan masyarakat Indonesia.

Dari kejadian itu, Disnakertrans Banten melarang perusahaan Tiongkok memakai lambang K3 sembarang tempat. Ia meminta supaya mereka memakai lambang K3 milik Indonesia. (Red/*)