Jurus Silat Baru Ditemukan Jawara Senior Banten

GK sedang diperagakan (foto: Ist)

Cipasera.com - Dunia persilatan Banten kini punya jurus baru. Nama jurusnya Gerak Kaserangan (GK). Jurus tersebut merupakan perpaduan antara gerak tangan dengan ilmu kekebalan tubuh atau yang biasa disebut debus.
Menurut Bupati Serang Ratu Ratu Chasanah kepada wartawan di Pantai Florida, Anyer, Banten, Jurus GK diciptakan oleh para senior pendekar Banten secara bersama. 
Dilihat dari geraknya, jurus Gerak Kaserangan ini kental dengan nuansa ke-Banten-an. Apalagi selain gerak penuh kekuatan, di akhir jurus, para pesilat diwajibkan menampilkan debus, Minggu (20/08/2017).
Bersamaan dengan adanya Krakatau Art Culture, GK diperagakan oleh ratusan jawara dari 40 perguruan (peguron) yang ada di Banten. Ratu Tatu yang ikut serta memeragakan jurus terbaru itu, tak mau ketinggalan mengenakkan seragam serba hitam khas Jawara Banten. Aksi ini berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pemain silat terbanyak.
"Jurus baru ini diharapkan dapat menyatukan seluruh peguron yang ada di Banten dan akan diperlombakan mulai tahun depan.Memperkuat persatuan dan kesatuan para pesilat melalui jurus bersama yang masih berciri khas Banten," kata Tatu. (Red/in)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel