Penerima Santunan Korban Crane Arab Saudi Segera Dibayarkan

0
Dubes RI Agus

Cipasera.com. Setelah hampir dua tahun tak jelas jluntrungannya, kini korban crane di Arab Saudi  boleh bernafas lega. Pasalnya, Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel telah menerima surat diplomatik dari pemerintah Kersjaan Saudi ptentang santunan korban kecelakaan crane. Prosesnya sudah final, tinggal menunggu Pencairan uang santunan.

Berita ini kemukakan oleh Agus saat memberikan sambutan 'Konsolidasi Petugas Haji dalam Rangka Persiapan Arafah-Muzdalifah dan Mina' di Al Wehdah 1 Tower Hotel Jarwal Mekah, Senin (28/8/2017) malam. 

"Alhamdulillah ada kabar gembira. Tadi sore, saya menerima nota diplomatik dari Saudi mengenai santunan korban crane. Status suratnya sangat segera," kata Agus seperti dikutip detik.com

"Nah kalau sifat notanya sangat segera, maka kita akan merespons juga dengan sangat segera," tambah Agus

Agus juga mengungkapkan isi nota diplomatik tersebut tertulis nama-nama penerima santunan. Data seperti DNA korban dan lain-lain sudah terverifikasi, jadi KBRI akan segera melakukan legalisasi. Semoga keluarnya dana seperti yang ada di nota diplomatik juga cepat keluar.

Kecelakaan crane di Masjidil Haram terjadi pada musim haji 2015, tepatnya Jumat, 11 September. Sebanyak 12 jemaah haji Indonesia meninggal dan 49 terluka. Tidak lama berselang, Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud menginstruksikan pemberian kompensasi bagi para korban musibah crane yakni SR 1 Juta atau sekitar Rp 3,5 miliar untuk korban meninggal dan cacat permanen, serta SR 500.000 atau sekitar Rp 1,75 miliar bagi korban luka.(red/dtk)