Bantuan Sosial PKH Di Pamulang Alami Kekacauan Data Penerima

0
Salman Fariz  (Foto : Ist)

 Cipasera.com - Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan M. Salman Fariz meninjau  kondisi para penerima bantuan sosial  PKH (Program Keluarga Harapan)  di keluarahan  Pondok Benda dan Benda Baru, Kecamatan Pamulang  yang mengalami kekacauan. Salman yang didampingi  Kabid Penaggulangan Bencana Salbini SH  dan Kabid Umum Bahrie.Wijaya itu  menemukan, para  calon penerima bantuan sosial  PKH banyak yang belum  menerima bantuan. Tidak bisa melakukan  pencairan bantuan akibat kekacauan data verifikasi.      

Menurut Salman  ada 361  penerima  PKH  yang berdomisili di Kelurahan Pondok Benda dan Benda Baru, Kecamatan Pamulang.‎ Dinsos Kota Tangsel. Lantaran kekacauan data, pihaknya akan   menjadwalkan kembali verifikasi dan  validasi tahap kedua bagi penerima  PKH pada November 2017 .

Diakui  Salman ‎ data  salinan data anggota PKH dari Kementerian Sosial banyak yang "bolong-bolong" atau tidak akurat. Sementara  data tersebut  telah disebar hingga ke tingkat RT. Akibatnya ada yang mengadu,

tak  dapat bantuan PKH. Untuk itu, pihaknya  ingin  menanyakan ke Kementerian Sosial.

Salman  menegaskan, Dinsos  tidak punya kewenangan dalam mengelola atau memegang kartu ATM milik anggota PKH. Kewenangan tersebut ada di tangan pengurus PKH masing-masing wilayah yang telah mengantongi SK Kementerian Sosial.

Sejumlah  pendamping  anggota PKH yang melaporkan,  pendistribusian ATM dan  pencairan dana bansos tidak merata. Makanya oleh pendamping kartu ATM milik anggota PKH dikumpulkan. Yang punya kewenangan  memegang  ATM itu hanya pihak  BNI dan pendamping. "Dinsos tidak berwenang karena kami  hanya  menfasilitasi dan mengkomunikasikan PKH, " kata  Salman. (Red/ts/ke)