Seminar Tentang Eks PKI Dibubarkan Massa dan Polisi

0
Korlap sedang orasi  (foto:_Ist)

Cipasera.com - Seminar yang digelar tentang eks orang PKI (Partai Komunis Indonesia) di LBH Jln Diponegoro,Jakarta  diprotes massa dari berbagai kalangan. Massa mendatangi kantor LBH menolak digelarnya seminar yang membahas sejarah 1965-1966.

"Kami minta seminar dibubarkan. PKI adalah partai terlarang. Ajarannya juga dilarang. Kami disini minta seminar dibubarkan," kata kooordinator aksi, Soyfan di depan kantor LBH, Sabtu (16/9/2017).

"Kami minta pula penyelenggara seminar ditangkap karena melanggar larangan," kata Muhlis , seorang pendemo. Massa gabungan dari beberapa elemen yang jumlahnya sekitar 700 orang ini  membuat  lalu lintas sekitar jalan Diponegoro macet karena satu lajur jalan.

Melihat penjagaan polisi di kantor LBH begitu ketat dan protes mulai panas akhirnya koordinator seminar, Bonnie Setiawan mengatakan seminar hari ini diputuskan ditunda. Alasan lain, peserta seminar takut masuk ke tempat Acara.


Menurut Nursyahbani Katjasungkana di akun FBnya, blokade Polisi di LBH Jakarta 16 September 2017 sejak pukul 06.00 pagi. Blokade dilakukan  Polsek Menteng oleh sekitar 50 orang anggota kepolisian dipimpin langsung oleh Kapolsek Menteng Ronald Purba. Selain itu, beberapa anggota brimob berjaga di seputar LBH antara lain JL. Borobudur 

Dengan dalih tanpa adanya surat pemberitahuan,  Kapolsek Menteng Ronald Purba dan beberapa anggotanya melarang para peserta seminar dan beberapa panitia penyelenggara untuk masuk ke gedung LBH Jakarta. Peserta dan panitia sementara tertahan dan duduk berhadapan dengan blokade yang dilakukan polisi. Padahal kita ketahui pemberitahuan hanya dibutuhkan jika kegiatan dilangsungkan di "muka umum" (Red/ts)