Kepala Dinas Koperasi Membantah, Kopersi Merah Putih Tidak Ada Di Tangsel

0

Dahlia Nadeak (foto: Ist)

Cipasera.com – Agaknya penyebutan  12 koperasi bermasalah oleh Kementrian Koperasi dan UKM RI beberapa hari lalu tidak akurat. Sebab  ada satu koperasi, yakni Koperasi Merah Putih Tangsel yang dibantah oleh  Plt Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dr Dahlia Nadeak.
“Setelah kami cek ke bidang koperasi, Koperasi Merah Putih tidak terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Tangsel,” kata Dahlia Nadeak saat dihubungi cipasera.com, Jumat, 27/10/2017. “Saya kurang tahu, kenapa Koperasi Merah Putih disebut berada di Tangsel. Kami telah cek tidak ada nama itu. Kami cari  dan verifikasi alamat Koperasi Merah Putih juga  tak  kami temukan.”
Dahlia memperkirakan, kemungkinan koperasi tersebut belum mendaftar di Tangsel tapi langsung ke Kementrian Koperasi. Boleh jadi pula, Koperasi Merah Putih  dahulu masuk dalam wilayah Kabupaten Tangerang. Tapi setelah pemekaran, Tangsel menjadi kota delapan tahun lalu, koperasi tersebut tak mendaftar  ulang.
“Kami sudah berkirim surat ke Kementrian Koperasi untuk klarifikasi. Isinya, Koperasi Merah Putih tak terdaftar di Tangsel,” kata Dahlia.
Seperti diberitakan berbagai media, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengaku tengah mengawasi dan mewaspadai keberadaan 12 koperasi bermasalah seperti yang direkomendasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Koperasi-koperasi tersebut ditengarai melakukan praktik menyimpang dengan iming-iming investasi.

Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop dan UKM Suparno mengimbau seluruh kepala dinas yang mengurus koperasi dan UKM untuk berani menerapkan sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku bila ditemukan koperasi bermasalah di daerahnya.

12 koperasi bermasalah tersebut, yakni Koperasi Cassava Agro (Bogor), Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Grup (Kota Depok), KSP Wein Sukses (Kupang), KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera (Cirebon), KSPPS BMT CSI Madani Nusantara (Cirebon), Koperasi Pandawa/Koperasi Indonesia (Malang). Selanjutnya, Koperasi Bintang Abadi Sejahtera (Bogor), Koperasi Segitiga Bermuda (Gowa), Koperasi Merah Putih (Tangsel), Koperasi Budaya Bank Bumi Daya (Riau), Koperasi Harus Sukses Bersama (Jambi), dan Koperasi Karya Putra Alam (Gunung Putri, Bogor). (Red/TW/CN)