Korban Banjir dan Longsor Pangandaran Sebagian Sudah Pulang

0
Sejumlah relawan terjun membantu (foto : PR)

Cipasera.com  - Sejumlah relawan kemanusiaan dalam penanganan bencana di Pangandaran, masih terus aktif meski di 17 titik banjir air sudah surut. Kemarin mereka tampak ikut membersihkan lumpur dan kayu - kayu yang hanyut dibawa banjir.

"Hari ini kami akan datangi juga wilayah lain seperti di Kali Pucang dan Cijulang untuk ikut bersihkan lumpur dan sampah," kata Heru dari Tagana, Minggu, 8/10/2917.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena mengatakan, saat ini (Sabtu) di lokasi banjir air sudah turun, kondisi aman dan terkendali, sebagian pengungsi korban banjir sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

Di daerah longsor hanya tinggal membereskan material yang menutupi jalan raya, sebagian material yang ringan sudah di selesaikan secara gotomg royong  tanpa menggunakan alat berat.

Pemantauan kondisi banjir dan longsor di lakukan secara terus menerus oleh pihak Pemerintah, TNI/POLRI dan Organisasi Relawan Penanggulangan Bencana.

Kesiapsiagaan masyarakat terdampak banjir dan longsor terus di tingkatkan dalam rangka mengantisipasi banjir atau longsor susulan dengan mempersiapkan diri seandainya harus mengungsi.


Menurut Humas Basarnas, Joshua Banjarnahor, banjir dan tanah longsor akibat hujan yang turun sejak Jumat (6/10/2017) malam.

Dari data Basarnas, ada 17 titik banjir dan longsor di Pangandaran yang terdiri dari 2 titik longsor dan 15 titik banjir. Tercatat 4 tewas.

Berikut data 17 titik wilayah longsor dan banjir di Pangandaran :
1) Longsor di Dusun Sangkanbawang RT. 019/ RW. 008 Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih, Dampak Bencana 1 Rumah Rusak Berat a/n. Rusman (Jumlah 2 KK 7 jiwa).
Korban 4 jiwa meninggal dunia. (Longsor)
2) Jembatan Cilamian, Cibunian Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang. (banjir)) Dusun Ciokong 01/01 Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih. (banjir)
4) Belakang ATM BRI Cikembulan Kecamatan Sidamulih. (banjir)
5) Wilayah Pondok Pesantren Babakan Jamanis Dusun Pasir kiara Desa parigi Kecamatan Parigi (Banjir)
6) Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran. (banjir)
7) Dusun Girisetra Desa Kalipucang, Kecamatan Kalipucang. (banjir)
3 RW yang terdampak RW 03 (RT 01 s/d RW 05) RW 02(01 s/d RW 06) RW 01 (RT 02, RT 03)
8) SD Cintaratu Kecamatan Parigi. (banjir)
9) Cijalu (Perbatasan Parigi – Pasir Kiara) Kecamatan Parigi. (banjir)
10) Dusun Ciamanggu RT 01, 02 Desa Cikalong, 3 unit Rumah terdampak 
dan Satu Rumah A.n Maman (Bagian Rumah Rusak Sedang) Kecamatan Sidamulih (banjir)
11) Blok Cinerus RW 01 Dusun Cimanggu Desa Cikalong Kecamatan Sidamulkih (banjir)
12) Perumahan Garden Estetika Cikembulan akibat Luapan Sungai Ketinggian Air di jalan sampai dengan 2 meter, Komplek Perumahan 80 cm-1 m . terdampak 120 Rumah Alamat dusun Cikangkung RT 01/04 Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih Total Jiwa terdampak 525 (banjir)
13) Desa Cikangkung Lingkungan Mesjid Jammi Tiadur Majaihid Dusun Cikangkung terdampak 50 Rumah , Ngungsi 15 orang Lokasi pengungsi : Puskesmas Cikembulan ( Sumber Dr. Dilla) Kecamatan Sidamulih (banjir)
14) Dusun Patrol RT 02 RW 03 Desa Cibenda, Kecamatan Parigi (banjir)
15) Dusun Sukasari dan Dusun Karangnangka Desa Bojong, Kecamatan Parig. (banjir)
16) Dusun Pamotan RT. 01 RW. 03 Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang. (banjir)
17) Dusun Sentul Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang. (longsor) (red/t/pr/sdo)