Ribuan Massa Yogya Kumpul Usai Masjid Quwatul Diserang

0
Massa Islam Yogya Merangsek
Cipasera.com - Malam tadi sekitar pukul 20.00 alias sehabis sholat Isya, sekitar seribu jemaah berkumpul di sekitar mesjid Quwatul Islam yang beralamat di Jln Mataram 1, Darurejan, Yogya. 

Massa yang berkumpul tersebut agaknya untuk menghadiri tabliq setelah ada penyerangan terhadap mesjid Quwatul Islam  dari sejumlah anak muda yang mengaku dari  sebuah partai nasionalis, Minggu 8/9/2017 pukul 00.10 dinihari.

Menurut keterangan salah satu saksi, Bahar Abdul Malik, dalam laporan yang dilayangkan ke Polsek Danurejan, peristiwa itu terjadi pada Senin (9/10) dini hari.

Kata  Bahar, sekitar pukul 00.30 WIB ada seekor anjing yang masuk ke dalam ruangan masjid. Salah seorang ulama setempat, Saifudin, yang saat itu berada di di dalam masjid bersama lima orang jemaahnya --termasuk Bahar-- mengusir anjing itu.

Entah dari mana datangnya,  setelah anjing berhasil digiring keluar masjid oleh Saifudin dan jemaahnya,  tiba-tiba terjadi penyerangan. Beberapa orang melempari mesjid dengan bata merah.

"Pas anjing sudah diusir keluar, kami (jemaah) masuk lagi ke masjid dan pintu masjid di tutup. Lalu tiba-tiba (masjid) dilempar dengan bongkahan batu sama satu orang dari luar (masjid)," ujar Bahar  seperti dikutip
kumparan.com, Senin (9/10).

Akibat lemparan, mesjid nampak berantakan. Sebongkah batu terlihat berantakan di dalam mesjid. (Red/t/kum)