Di Mata Pengamat, Banyak Resiko Memiliki Motor Chopper Custom.

0

Cipasera - Banyak problem yang harus diterima pemilik motor custom. Karena  motor tsb  bukan pabrikan kadang sering tak memenuhi standart. Misalnya, soal keseimbangan motor, itu harus sesuai standar mekanika. 

Bagaimana dengan motor Chopper yang kemarin dibeli Presiden Joko Widodo di buildet Elders Garage yang menggunakan mesin Royal Enfield Bullet 350 karburator?
Jika melihat kelengkapan motor tersebut secara fisik,  memang terlihat tidak memenuhi aturan.  Seperti dibetitakan viva.co.id,  spion chopper tersebut hanya satu, dudukan plat nomor depan belakang tidak tersedia. Selain itu, lampu sein depan belakang juga tidak ada. 

Heret Frasthio, pendiri Elders Garage mengatakan kekurangan itu akan dilengkapi, "Sebenarnya masih ada proses detailing yang mau dikerjakan lagi. Beliau sudah pesan, mau ada plat nomor depan belakang, mau ada tambahan detail, nanti kita lengkapi lagi," katanya.

Dari segi keamaman, Pengagas Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubulu  mengatakan, jenis motor apa pun jika sudah ada perubahan total pasti sudah tidak safety lagi. Kata dia, karena motor custom itu sudah mengubah konstruksi utama yang berubah total dari pabrikan.

"Jadi motor itu bukan untuk dijalankan sehari-hari, kecuali untuk sekadar show off dan jalan beriringan dengan kecepatan rendah, jadi hanya keperluan riding yang sifatnya sementara," ujarnya.

Dari catatan yang diperoleh cipasera.com - Choppers pada awalnya lahir di daratan Amerika Serikat, seusai perang dunia II.

Seusai perang, banyak motor yang digunakan perang banyak yang rusak bodynya karena terkena senjata lawan.  Para tentara bermotor Amerika Serikat dan mekaniknya banyak yang memperbaiki kendaraan motor mereka.

Para tentara dan mekaniknya mulai membuang bagian dari motor dan yang rusak dan tidak menggangu fungsi mesin itu sendiri,di bagian motor banyak fenders depan dan belakang yang sudah rusak,bagian saddle yang rusak dan lain lain.

Dari situlah berbagai ide awal motor custom dari Bobbers, Minimalist, Chopper atau Hottrods. Dan ternyata motor -motor tersebut banyak disukai karena unik beda dari motor kebanyakan. (Red/ts/viva)