Sore Ini ribuan Jemaah Masjid Tangsel Akan Gelar Sholat Gerhana

0




Cipasera – Peristiwa alam gerhana bulan total  diramalkan  akan terjadi pada Rabu (31/1). Tepatnya sekitar  pukul 17.50  WIB hingga 23.08 WIB, selama lima jam lebih. Peristiwa alam 100 tahun sekali ini akan berdampak pada cuaca dan linkungan. Diantaranya, laut pasang, hujan deras dan lain –lain.

Kemarin, misalnya, sudah terjadi air pasang di Pantai Marina, Ancol  Jakarta. Sadli, seorang nelayan mengatakan, air pasang  terjadi di sekitar pantai Marina. “ Kemarin, Selasa Sore sekitar jam 17.00, airnya pasang sampai jauh dan dasar laut  terlihat kering hingga tampak  rumputnya, cukup luas,” kata Sadli.

“Memang, di Marina sering pasang sampai kelihatan dasar lautnya kering. Tapi tak seluas kali ini,” tambah Sadli, Selasa 30/1/2018. “Dengan kondisi seperti itu kami tak pergi melaut. Ngeri badainya tinggi.”

Sementara itu, Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan kepada media, fenomena gerhana bulan  dapat membuat curah hujan lebih tinggi dari biasanya. Hal itu berpotensi  membuat landasan pesawat tertutup air atau standing water on runway.

“ Dengan kondisi seperti itu akan   menjadi warning bagi seluruh stakeholder  penerbangan ,”ungkapnya.“Jadi maskapai penerbangan mesti hati –hati.

”Melihat adanya dampak buruk  gerhana bulan,  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menghimbau masyarakat untuk menunaikan sholat gerhana bulan. Himbauan tersebut tertuang dalam  surat edaran yang disebar  ke seluruh Tangsel.


Menurut Sekjen MUI Tangsel Abdul Rojak, MUI menghimbau umat muslim Tangsel untuk melaksanakan shalat gerhana bulan  berjemaah, bersedekah dan berdzikir saat  terjadinya gerhana. Kabarnya,  22  jemaah  masjid di Tangsel akan melaksanakan himbauan MUI. (Red/Ts)