Dr Siti Zuhro, Soal Peluang Jokowi di Pilpres 2019

Dr Siti Zuhro  (foto : Ist)


Cipasera – Setelah politisi PKS Mardhani Ali Sera mengatakan, Jokowi bisa dikalahkan, kini giliran pengamat bicara hal sama. Simak saja  Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Siti Zuhro kepada wartawan, Sabtu 24/3/2018. Dia menyatakan,   belum tentu Jokowi dapat memenangkan kontestasi pilpres 2019 nanti, sekalipun syarat untuk jadi capres cukup berat bagi lawan Jokowi.

"Kalaupun pasal dan ayat dibuat untuk memayungi berlakunya PT (presidential threshold) 20 persen tidak ada jaminan juga petahana akan menang. Politik sangat dinamis, cair dan penuh opsi-opsi. Masalahnya apakah kehendak sebagian besar masyarakat memang ke Jokowi sebagai petahana yang ikut berkompetisi dalam pemilu 2019 atau sebaliknya malah mereka menginginkan munculnya pemimpin nasional baru," kata Siti seperti dikutip teropong senayan hari ini.

Tak hanya itu, Siti juga mempertanyakan  syarat PT 20 persen  yang masih menjadi perdebatan lantaran Pemilunya serentak.

"Atas dasar apa hasil pemilu 2014 dijadikankan landasan hukum pemilu 2019?" kata dia."Karena itu suara hakim MK juga tidak tunggal dan ada dissenting opinion.

Di mata Siti,   masalah integritas menjadi prioritas bagi parpol dan calon pemimpin. Bila calon diusung parpol yang salah, ini akan berdampak terhadap calon. Artinya, integritas dan kredibilitas serta meningkatnya elektabilitas parpol akan berdampak terhadap calon yang diusungnya.(red/*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel