Dindikbud Tangsel Siapkan Genzet dan Tenaga IT untuk Antispasi UNBK.

0


Taryono usai tinjau simulasi UNBK beberapa waktu lalu .(Foto: net)
Cipasera – Setelah  selesai Ujian Nasional untuk SMA dan Aliyah, seminggu lagi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) akan dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 23/4/2018. Dari data yang dihimpun cipasera.com, sebanyak 21.946  pelajar tingkat SMP  se Tangsel akan mengikuti.  Jumlah tersebut  terdiri dari   17.757 siswa 181 SMP   dan   4.189 dari 44  siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan swasta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud)  Tangsel membenarkan hal itu dan pihaknya sudah  siap melaksanakan  UNBK 100%. “Kami juga sudah melaksanakan simulasi atau uji coba UNBK beberapa waktu lalu. Dari evaluasi simulasi, UNBK SMP di Tangsel sudah sangat siap,” kata Taryono, Sabtu, 14/4/2018. 

Antispasi soal listrik mati di wilayah tertentu pun sudah dilakukan dengan  menyediaan beberapa genset.  Tak hanya itu, koordinasi dengan PLN  sudah dilaksanakan pula,   supaya PLN tidak melakukan pemadaman selama UNBK berlangsung.

“Soal server error kita pikirkan. Sejumlah tenaga IT kami siapkan. Kami optimis UNBK akan berjalan lancar, tak ada kendala,” katanya. 

Memang,  dalam simulasi UNBK  Senin, 18/3/2018 lalu  di Kota  Tangsel yang digelar di SMP Negeri 8 Serpong dengan peserta  207 siswa-siswi,  berjalan lancar dan  tak ada kendala teknis.

 “Alhamdulillah, semua berjalan baik dan lancar. Dari persiapan perangkat hardware-nya, listrik dan jaringan internet semua berjalan sesuai rencana. InsyaAllah saat UNBK  23 April berjalan lancar,” kata Taryono saat itu kepada pers. (Red/Ts)