Dinkes Tangsel Diminta Periksa Rumah Pemelihara 11 Anjing

0

 
Hesti digruduk warga (foto : net)

Cipasera – Ketua RT 02/RW 02 Pondok Benda, Pamulang, Tangsel H.Maskur mengatakan, antara warga dan  Hesti Sutrisno, 34,  perempuan bercadar yang  memelihara 11 anjing dan 34 kucing di  rumahnya  komplek Pondok Benda Residence, Blok B3 Nomor 9 sudah tercapai kesepakatan.

Ny Hesti sepakat  mengungsikan tujuh anjing piaraannya dan dibawa oleh LSM Garda Satwa Indonesia. Sedangkan empat ekor sisanya tetap dalam perawatannya karena ada yang lumpuh. Sementara untuk  33 ekor kucing  yang ada semuanya akan dilokalisir di dalam rumah,  tidak boleh keluar, kalau keluar rumah dan buang kotoran maka kotorannya harus dibersihkan oleh si pemilik.

“Warga setuju dan Bu Hesti sepakat.  Ini jalan tengah   terbaik karena hewan –hewan piaraannya sudah mengganggu lingkungan,” kata Maskur

Seperti diketahui,  puluhan ibu-ibu yang  didampingi ketua RT  02  menggeruduk rumah Ny Hesti  lantaran keberadaan 11 ekor anjing peliharaan  dan hewan lain di rumah sudah mengganggu kenyamanan warga. Mereka minta agar Hesti tak lagi memelihara anjing dan hewan lain di rumahnya. Sebab mengganggu kenyamanan. Tidak hanya hewannya, kotorannya pun berbau sangat menyengat hingga puluhan meter dari rumah Ny Hesti.

"Anak saya setiap kali berangkat dan pulang  mengaji dari masjid diganggu oleh anjingnya. Suka dikejar –kejar. Itu menakutkan sekali,” kata Utami, salah satu warga. “Yang bikin pusing bau kotorannya, sangat menyengat hidung. Jadi pingin muntah.”

Warga Pondok Benda juga berharap agar Dinas Kesehatan Tangsel turun tangan memeriksa kondisi di rumah Hesti. Sebab tak tertutup kemungkinan dari kotoran anjing itu menyebarkan virus penyakit yang berbahaya.

“Kami ingin melaporkan hal itu ke Dinas Kesehatan. Kami tak ingin lingkungan kami menjadi sarang penyakit. Insyaallah minggu depan,” kata seorang warga yang enggan disebut namanya kepada cipasera.com, Rabu, 4/4/2018.

Sementara  Plt Dinas Kesehatan Tangsel dr Suhara Manullang  saat dimintai keterangan tak ada ditempat. Menurut stafnya Suhara sedang di RSUD Tangsel. (Red/ts)