Pemeran Soeharto dalam Penumpasan G 30 S PKI Dimakamkan Siang Ini

0

Amoroso Katamsi

 Cipasera – Pemeran  tokoh Jendral  Soeharto dalam film Penumpasan G 30 September PKI Amoroso Katamsi  meninggal dunia di RS TNI AL Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa 17 pukul 01.40 WIB. Belum diketahui penyakit apa yang diderita pria kelahiran Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940 tersebut.

Kabar duka tersebut dikabarkan oleh akun FB Dody Katamsi, putra almarhum. Dikabarkan pula, rencananya jenazah aktor  yang juga main dalam puluhan  film ini, dimakamkan  siang ini selepas dzuhur di TPU Tanah Wakah, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Amoroso selain aktor film, ia juga pemain teater  di Teater Kecil asuhan Arifin C.Noor.  Lantaran aktingnya  dinilai cukup bagus,  sejumlah sutradara film menariknya terjun ke film.  Film  Cinta Abadi adalah film pertamanya (1976). Penampilan mulai diperhitungkan  ketika memerani Soeharto di film Djakarta 1966 (1982) dan Pen,umpasan Pengkhianatan G 30 S PKI garapan sutradara Arifin C. Noer (1984).

Bukan hanya di film Penumpasan G 30 S PKI , Amoroso   juga  berperan sebagai Soeharto dalam film Dibalik 98  (2015).

Meski sudah sepuh,  tahun lalu masih  terlibat  memerankan tokoh di sinetron Orang –orang Kampung, Tuhan Beri Aku Cinta . Ia pun pernah tampil di sinetron  Tukang Bubur Naik Haji (2013) (Red/ts)