PM Malaysia Ikut Mencuit Kontroversi Rendang Crispy


 
Jonh Torode dan Wallace, gagal paham rendang (foto: Ist)


Cipasera – PM Malaysia  pun ikut mencuit di twitter-nya soal kontroversi rendang ayam di kompetisi memasak MasterChefUk  Inggris.  Sebab dalam  kompetisi memasak bergengsi ini, dua jurinya  dianggap  gagal paham soal rendang ayam.
"Mana ada orang makan rendang ayam 'crispy'? #MalaysianFood," tulis Najib yang diikuti posting masakan rendang ayam berkuah. Memang PM Najib Razak  tak menyebut kompetisi MasterChef. Tapi orang akan merujuk ramainya kontroversi soal rendang ayam di dunia maya.
Ternyata bukan hanya Perdana Mentri, Duta Besar  Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell pun memberikan tanggapan.

"Rendang adalah hidangan nasional Malaysia yang ikonis jangan dibingungkan dengan pilihan masakan Indonesia ... Makanan tersebut tidak pernah renyah dan juga jangan dibingungkan dengan ayam goreng yang terkadang disajikan dengan nasi lemak," kata Vicki seperti dikutip  Antara (3/4).
Boleh jadi Vicki ikut bicara lantaran, polemik rendaing crispy sudah merangsek ke media internasional. Demikian pula di Malaysia, sangat ramai dibicarakan.
Polemik rendang crispy bermula dari kegeraman warganet alias netizen lantaran  John Torode, salah satu juri mengkritik nasi lemak dan rendang ayam milik kontestan asal malaysia, Zaleha Kadir Olpin. Dikatakan, rendang ayamnya tidak crispy

Seperti diberitakan  The Malay Mail Online, John tidak setuju akan pernyataan Zaleha bahwa ayam untuk rendang harus lembut dan mudah hancur. Juri lain, Gregg Wallace pun berkomentar miring. Ia berkata bahwa saus pada ayam membuat rendang sulit dimakan.

"Kulitnya tidak renyah," kata John seperti dikutip  The Malay Mail Online (2/4).
Zaleha pun terpaksa kena eleminasi, berhenti ikut  dalam kontes memasak itu.  Namun lewat unggahannya di Instagram, dirinya menegaskan untuk tetap berpegang pada pakem memasak rendang ayam.

"Nasi Lemak saya di MasterChefUK semalam, tetap bikin bangga  dan saya tetap akan memasaknya sebagaimana keluarga saya menyukainya. Tak ada yang berubah dari masakan favorit bangsa," tulis Zaleha.

Apa yang ditulis  Zaleha pun menyulut  kemarahan netizen. Bukan saja dari Malaysia, tapi juga dari Indonesia.  
Shannon Chow menuliskan :"Ayam rendang adalah makanan tradisional Malaysia, ia sangat istimewa. Bagaimana bisa kamu meminta seseorang menyiapkannya dengan berbeda hanya karena kamu suka ayam renyah dan saus yang terpisah? hargai makanannya! Ini budaya @JohnTorode1 @GreggAWallace @MasterChefUK."

Menanggapi cuitan Shannon, John berkata bahwa ia ingin memastikan masakan itu masakan tradisional atau sudah berupa modifikasi. "Terima kasih untuk masukannya..kita tentu saja bisa berdebat soal asal usulnya dan jika ayamnya tradisional atau sebuah adaptasi," tulisnya.
Bukan meminta maaf, John malah mengunggah cuitan yang lebih aneh. Ia tampaknya menganggap ayam rendang adalah masakan Malaysia. Bahkan, ia menutup cuitannya dengan 'namaste' atau sapaan yang biasa digunakan orang India.

"Mungkin rendang itu (dari) Indonesia!! Saya suka!! Brilian betapa menarik apa yang kamu punya..Namaste," cuitnya. (red/ant/cnn/)

 
Rendang  yang diposting PM  Najib



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel