Basnaz Tangsel Serahkan Pengumpulan Zakat/Fitrah ke 130 UPZ

0
KH Endang S (foto: ist)
Cipasera - Baznas Tangsel tahun ini tak menerima pengumpulan zakat fitrah masyarakat secara tepusat. Pengumpulan sudah  diserahkan kepada 130 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid dan lyang dikelola lembaga Lain di Tangsel.
“ Mengapa demikian? Karena jika kami yang mengelola akan kesulitan untuk menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Ketua Basnax Tangsel Kh Endang Saefudin, Jumat 25/5/2017.
Dengan pengumpulan zakat fitrah di UPZ, tambah Endang, pengurus masjid dsn UPZ punya  kewenangan untuk kembali menyalurkan kepada penerima zakat , yakni warga fakir miskin dan golongan yang lain sesuai hukum fiqih.  Di samping itu, zakat ditangani oleh UPZ akan lebih mudah dibagikan kembali ke mustahil  karena jarak si penerima lebih dekat dengan UPZ di wilayah masing masing.

Bagi Endang jumlah UPZ  masih kurang dan ia  akan memaksimalkan pembukaan UPZ di seluruh masjid yang ada di Tangsel.  Sebab pada hakikatnya jumlah UPZ tak dibatasi.

Di mata  Ketua DMI Kota Tangsel, Heli Slamet UPZ di Tangsel jumlah UPZ yang ada baru mengkover 25 persen titik yang tersebar di tujuh kecamatan 54 kelurahan. Diakuinya belum semuanya masjid mau membuka UPZ karena soal pemahaman saja bukan persoalan lain.
“Itu persoalan pemahaman saja bukan soal SDM karena jika soal SDM mereka sudah terbiasa menerima dan menyalurkan zakat fitrah setiap tahun,” tukas Heli. "DMI  mendukung penuh program UPZ di setiap masjid." (red/cp/hms)