Cerita Koeswali, Pria Mirip Soeharto Yang Pernah Ketemu Soeharto

0
Koeswali (foto:ist)
Cipasera - Setelah Harry Soedjiono 66 tahun,  sosok  penumpang kereta commuter yang mirip mantan Presiden Soeharto terkuak, kini muncul lagi lelaki sepuh yang juga mirip Soeharto. Dia adalah Koewali Somadiharja, 69 tahun. Dan ramai pula dibicarakan masyarakat.

Koeswali, seperti halnya Soeharto, memiliki senyum yang ramah khas  dan tinggal di Jalan Cendana. Bedanya, ayah mbak Tutut, Soehato tinggal  di jln Cendana Jakarta. Sedangkan Koeswali di Jalan Cendana,  Perum Permata Permai, Bhakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan 

Menurut seorang tetangga satu komplek dengan Koeswali, kemiripan Koeswali dengan Soeharto adalah pada tubuh, kulitnya yang putih. "Tapi yang sangat mirip itu profil wajahnya. Hidung mirip, bibir, rambut putihnya, juga senyumnya yang khas," kata Bambang, Jumat, 1/6/2018.

Namun, meski wajahnya mirip dengan mantan seorang jendral, tetangganya belum pernah melihat Koeswali pakai baju seragam tentara. "Orangnya ga pernah aneh-aneh. Dia juga baik hati. Di rumahnya suka momong cucunya,"tambah tetangganya.

Koeswali sendiri juga merasa mirip dengan Soeharto. Katanya,  rambutnya yang putih dan senyumnya yang khas. Tapi Koeswali menegaskan,  pria mirip Soeharto di kereta commuter yang fotonya viral di media sosial adalah bukan dirinya.  

Sebagai orang yang mirip dengan penguasa Orde Baru, ada kejadian yang tak pernah bisa dilupakan, yakni ketika ia  sedang berada di kantor kakak iparnya tahun 70an.Kantor tersebut letaknya  di ujung Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat,  tak jauh dari rumah Presiden Soeharto.

Sekira  pukul 15.30 WIB, ia sedang berdiri di luar kantor kakak iparnya. Tak lama ada mobil Land Rover Lewat di depannya. Ternyata di dalam mobil  ada  Presiden Soeharto. Rupanya Pak Harto pun memperhatikannya dengan dibukanya kaca mobil. 

"Tangan pak Harto  ke atas, seperti  hormat,"  kata Koeswali. Ia senang karena pada peristiwa itu kemudian ia bisa jabat tangan  dengan Presiden Soeharto.

Itulah kenangan Koeswali dengan Soeharto, tokoh yang kebetulan ia kagumi. Katanya, ia kagum lantaran Soeharto itu tegas saat memimpin, juga cepat bertindak.

Koeswali, mantan karyawan perusahaan farmasi berusia 69 tahun itu kini waktunya banyak dihabiskan di rumah. Sesekali jalan jalan dengan cucunya. Dan ramah tersenyum kepada siapa saja. Senyuman khas mirip presiden RI yang banyak membangun SD Inpres dan Puskesmad itu.(Red/ts)