Buntut Persekusi Neno, BEM UNRI Tolak Kabinda Riau Beri Kuliah Umum

salah satu acara mahasiswa UNRI
Cipasera - Kabinda (Kepala Badan Intelejen Negara ) Prov Riau Marsma TNI Rachman Haryadi, gagal memberi kuliah umum Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di UNRI Selasa 28 Agustus 2018 lalu. 

Pembatalan itu buntut persekusi inisiator #2019gantipresiden Neno Warisman di Bandara Sultan Syarif Kasim II Sabtu, 25/8/2018. 

Demikian disampaikan M.Hafiz Ona Hadi Putra selaku Mensospol BEM UNRI seperti dikutip Riau24.com Rabu 29 Agustus 2018.BEM UNRI memang menolak Kabin da beri kuliah umum.

"Penyampaian keberatan tersebut dikarenakan Kabinda telah melakukan tindakan represif kepada Hj.Neno Warisman di Gerbang Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II pada Sabtu 25 Agustus 2018 kemarin,"katanya.

Dimana dalam insiden Itu, tambah Hafiz, terlihat tindakan penghadangan yang dilakukan oleh Kabinda bersama Aparat Kepolisian terhadap Neno Warisman.


"Aksi arogan itu  sangat menciderai kebebasan demokrasi yang dijamin undang - undang," kata Hafiz, "Untuk itu,  pihak-pihak yang terlibat dalam tindakan tersebut, tidak pantas untuk menyampaikan Kuliah Umum dihadapan Mahasiswa Baru."


"Bayangkan saja seorang Ibu ditahan dalam mobil dan tak bisa keluar selama hampir 7 jam lamanya, serta tidak diperbolehkan untuk diberi minum dan makanan, juga di lemparan batu oleh beberapa oknum massa, hingga pemulangan paksa Hj Neno. Tentu hal ini sangat menciderai demokrasi di negeri ini," ujarnya.


Dan pada hari Senin 27 Agustus 2018 kemarin, Ia dan bersama Presiden Mahasiswa, Faldhany Hidayat selaku Mensosmas, Popo Haryanto selaku Menhadkesma serta Wahyu Andre Prahsetyo selaku Ketua Umum DPM Universitas Riau  menyampaikan keberatan terkait Kuliah Umum pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Riau 2018 kepada Rektorat.

"Setelah dialog dilakukan sekitar setengah jam, kemudian pihak Rektorat mengatakan akan mempertimbangkan dan akan menjumpai Kabinda untuk membatalkan kegiatan tersebut. Alhasil, malamnya dikabarkan bahwa acara kuliah umum bersama Kabinda tersebut dibatalkan, dan pihak rektorat pun melepas baliho selamat datang kepada Kabinda Provinsi Riau tersebut,"jelasnya.

Batalnya Kabinda mengisi kuliah umum pada PKKMB ini lanjutnya karena usaha BEM UNRI dalam menjaga marwah Universitas Riau serta melindungi mahasiswa baru Universitas Riau.(red/NNews)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel