Uji Tutup 19 Gerbang Dimulai. Simulasi Kemungkinan Berubah

0

Cipasera -,Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya mengatakan,  penutupan 19 pintu tol di sepanjang jalur Wisma Atlet Kemayoran menuju arena pertandingan Asian Games 2018 kemungkinan berubah.  

"Hari ini kami masih simulasi penutupan 19 pintu tol, setelah simulasi kemungkinan masih ada perubahan sebelum fix nanti pas Asian Gamesnya berlangsung," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombespol Yusuf di Jakarta, Rabu, 1/8/2018

Sedianya, uji coba tersebut direncanakan dilakukan pada Selasa 31 Agustus 2018 kemarin, namun karena ada kegiatan persiapan pengamanan Asian Games 2018, uji coba jadi diundur hari Rabu ini.

Dalam uji coba hari ini, proses simulasi melibatkan enam bus Transjakarta yang dibagi menjadi dua rute yakni Wisma Atlet Kemayoran-TMII dan Wisma Atlet Kemayoran-GBK yang sama-sama diberangkatkan sekitar pukul 09:03 WIB.

Dalam bus satu yang menuju ke TMII turut membawa serta Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah dan Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Rombongan yang masuk ke tol melalui gerbang Ancol Timur, dikawal sekitar enam motor serta satu mobil patwal dan petugas juga disiagakan pada jalur-jalur bercabang di dalam tol untuk sterilisasi jalur.

Alhasil, bus mampu terus melaju dengan kecepatan sekitar 80-100 km/jam dan keluar melalui Ramp Taman Mini 1 dan bisa sampai di areal TMII sekitar pukul 09:30 WIB.

Setelah melakukan peninjauan sekitar 25 menit di arena pertandingan, rombongan kembali berangkat menuju Wisma Atlet Kemayoran.

Rencana penutupan 19 pintu tol ini sendiri, direncanakan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek yang akan dilakukan pada saat keberangkatan, pukul 06.00-17.00 WIB di 10 pintu tol dan kepulangan pada pukul 12.00-21.00 WIB di sembilan pintu tol.

Pada pukul 06.00-17.00 WIB, penutupan akan dilakukan di pintu tol Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp RS Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati dan TMII.

Kemudian, pada pukul 12.00-21.00 WIB, yaitu pintu tol  Gedong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas, TMII.(red/Ant)