Festival Teater SLTA 2018. Aneka Rupa Kreasi Tersaji

0

Teater 29 Pemenang tahun lalu 
Festival Teater SLTA/Sederajat (FTS) Se-Jabodetabek kembali digelar tahun 2018 ini di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat, pada tanggal 10 hingga 23 September 2018 lalu.

Dari gelaran yang diikuti oleh 24 peserta. Hasil dari Pentas Kurasi, ada 22 Grup Teater SLTA, ditambah 2 Grup Teater Tuan Rumah 2017 dan Juara Umum FTS 2017. Peserta Kurasi ada 39 Grup Teater SLTA.

Ada pula pentas Exhibisi oleh 4 Grup Teater SLTA yang tidak lolos menjadi peserta FTS 2018,  saat Pentas Kurasi 29 Juni – 1 Juli 2018 lalu di Pusat Pengembangan Seni Budaya Jakarta Selatan di jalan Asem Baris Raya. Seluruhnya menjadi 28 Pertunjukan. Menarik dan menggairahkan dari Pesta Kreatifitas Seni Pertunjukan anak-anak SLTA Se-Jabodetabek 2018.

“Tahun ini menjadi pelaksana yang sangat berkesan bagi kami. Festival Teater SLTA Se-Jabodetabek sejak tahun 2008 – Mendapat bantuan  biaya pelaksanaan  dari Dinas pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, cuma sekali absen di tahun 2017 lalu”, Ujar Ayu, Ketua Panitya Pelaksana FTS 2018.

“Namun bagi kami ini menjadi tantangan yang menarik dan kami berjanji akan melaksanakan acara ini semeriah mungkin yang kami bisa” kata Ayu saat itu.

Sejarah Festival Teater SLTA
Festival Teater SLTA se-Jabodetabek adalah acara rutin tahunan yang berlangsung sejak 1989, atau dengan kata lain adalah merupakan Festival Teater tingkat SMA tertua di Indonesia bahkan konon se-Asia Tenggara. Lahir dari gerakan perubahan dari beberapa anak-anak SMA pada masa-nya, adalah Aas Adiputera (Teater 70 – SMA Negeri 70 Jakarta) sebagai pencetus bergulirnya Festival Teater SLTA se-Jabodetabek ini, untuk kemudian disambut oleh group-group teater SLTA (SMA) pada tahun tersebut.

Awal mula bergulirnya Festival Teater ini adalah merupakan wadah atau ruang untuk bereksplorasi dan berkreasi bagi group-group Teater SMA, dengan format kompetisi yang adil dan berazaskan silahturahmi kekeluargaan. Yang menarik dari Festival ini adalah format kepanitian menggunakan sistem arisan di mana pada penghujung acara atau biasanya pada saat malam penganugrahan akan dikocok siapa yang bertugas menjadi panitia tahun berikutnya.

Pada tahun2018 ini Teater Bias  dari SMK Budi Asih Jakarta Selatan,  menjadi giliran setelah melalui mekanisme sistem pengocokan tersebut. Acara Festival Teater SLTA sendiri berlangsung dari tanggal 10 – 23 September 2018 di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat. Lalu acara  Malam Anugrah 29  september 2018 dengan diikuti oleh 28  peserta terpilih dari berbagai sekolah se-Jabodetabek setelah sebelumnya telah melalui mekanisme kurasi atau penyisihan. (Kemalsyah)