Hilang Keseimbangan? Ini Dia Cara Mengatasinya

0

Cipasera -  Saat berjalan, berdiri atau dalam posisi tertentu banyak orang tiba - tiba sempoyongan hilang keseimbangan tubuh. Tak jarang ada yang sampai terjatuh.
Konon, orang yang terganggu keseimbangan karena faktor umur tua. Padahal banyak pula anak muda yang juga terkena kehilangan keseimbangan. 
Ada beberapa  cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Berikut ulasan   laman The Guardian seperti dikutip Republika.
1. Perhatikan obat-obatan
Penuaan adalah faktor utama yang berdampak pada berkurangnya keseimbangan tubuh. Tapi, hal lain seperti vertigo juga bisa memicunya. Begitu pula konsumsi obat-obatan seperi antidepresan, antihistamin, dan penghilang rasa sakit.
 
2. Jaga kesehatan telinga
 
Infeksi telinga dapat menyebabkan "fungsi vestibular" bermasalah, yaitu sistem di telinga bagian dalam yang membantu keseimbangan dan orientasi spasial. Segera hubungi dokter apabila merasa nyeri pada telinga atau mengalami gejala lain terkait pendengaran.
 
3. Latihan kekuatan
 
Berapapun usia Anda, latihan kekuatan adalah hal mudah yang membantu meningkatkan keseimbangan. Studi telah membuktikan bahwa meningkatnya kekuatan tubuh bagian bawah mengarah pada perbaikan keseimbangan dan kesehatan neurologis seseorang.
 
4. Berdiri dengan satu kaki
 
Latihan keseimbangan yang sangat mudah itu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa sarana tambahan apapun. Berdirilah dengan satu kaki selama beberapa hitungan secara bergantian dan lakukan berulang beberapa kali sepekan.
 
5. Naik turun tangga
 
Tidak perlu banyak anak tangga untuk melakukannya, tetapi pastikan melangkah cukup banyak sampai Anda berkeringat. Latihan sederhana tersebut bermanfaat membangun stabilitas di bagian pinggul sekaligus memperkuat lutut.
 
6. Latihan bodyweight
 
Latihan bodyweight seperti lunges dan squatbisa menjadi opsi untuk dipilih. Tidak hanya membantu meningkatkan keseimbangan tubuh, dua gerakan itu juga baik untuk membuat tubuh lebih kuat dan meningkatkan jangkauan gerak.