Smart City Tangsel Punya 6 Dimensi

0
sudut kota
Cipasera - Meski Tangsel sudah dapat penghargaan dari Kominfo 2017 sebagai Smart City,  masyarakat Tangsel masih belum banyak yang tahu lingkup smart city. 
Menurut Kepala Seksi Pembangunan SDM TIK dan Kerjasama Smart City, Diskominfo Kota Tangsel, Firman,  konsep Smart City yang disematkan kepada Kota Tangerang Selatan  bukan hanya sebatas pada pengembangan Teknik Informatika (TIK) saja. Tapi lebih dari itu, konsep Smart City  lebih spesifik . Ada enam dimensi, salah satu  Smart Living (Pelayanan), Smart Society and Education (sosial dan pendidikan) serta Smart Infairman (Lingkungan).
“Jadi Smart City ini  bukan hanya pengembangan TIK aja, disitu TIK hanya suporting. Smart City ini bukan barang baru, tapi sudah kami jalankan, ” kata Firman dalam diskusi dengan HMI Cabang, ciputat
Diskusi yang mengambil tema "Membaca Ulang Arah Pembangunan Tangerang Selatan’  di Aula Insan Cita, Jalan Pesanggrahan, Ciputat Tangerang Selatan, 14/9/2019 berlangsung hangat.
“Smart City ini bukan barang baru, tapi sudah kami jalankan sebenarnya. Cuma istilah Smart City ini baru digaungkan pada tahun 2017. Tangsel termasuk 25 kota Smart City.” Kata Firman.

Diskusi yang mengambil tema "Membaca Ulang Arah Pembangunan
Dimata pengamat sosial Kota Tangerang Selatan, Rudy Gani,  meskipun Tangerang Selatan memiliki beberapa prestasi yang baik. Tapu kalau tanpa adanya sosialisasi yang masif kepada masyarakat Tangerang Selatan, nilai yang baik tidak diketahui publik.
“Saya justru menilainya, sosialisai penting. Sejauh apapun kinerja pemerintah, dan sebanyak apa pun penghargaan yang di dapatkan tanpa adanya sosialisasi yang masif, masyarakat tetap tak tahu," katanya.