Anggota Koperasi Tangsel Dapat Latihan di STIE Ahmad Dahlan

0

Anggota koperasi belajar nyulam (foto: ist)
Cipasera - Pelatihan Pendidikan Anggota (PAG) Koperasi Angkatan Ke IV  Kota Tangsel berlangsung di Aula Syafarudi Prawiranegara Lt. 5 Kampus STIE Ahmad Dahlan Ciputat Timur Kota Tangsel, Minggu (28/10-2018).

Dalam pembukaan acara, Sekretaris Dekopinda Kota Tangsel, Abiya Mengatakan,  Pendidikan Anggota (PAG) adalah untuk menciptakan kader-kader koperasi yang berkualitas dan berdaya saing. Dengan mempelajari metode pelatihan diharap pula PAG Tangsel punya bekal perkoperasian.

“Nanti para peserta akan dapat metode yang penyampaian materi dengan presentasi, diskusi dan tanya jawab sesuai dengan kurikulum Pendidikan Koperasi Lapenkop,” ujarnya.
Agar partisipasi anggota berkelanjutan, maka pengelola koperasi harus senantiasa mengembangkan kreativitas dan inovasi baik dari aspek organisasi maupun usaha koperasi. Koperasi wajib menyediakan layanan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan anggota.
“Alhamdulillah, kita sudah bisa melaksanakan PAG Ke II Angkatan ke IV, lanjutan PAG I Tahun 2017. Tahun 2018 ini kita mendidik 350 anggota lagi yang berarti sudah 750 anggota sudah kita didik secara berjenjang, ” katanya.
Abiya menambahkan, jika anggota baik pengurusnya kita didik secara berjenjang dan nantinya masuk juga pada anggota koperasinya, mudah-mudahan koperasinya akan lebih baik.
“Kalau koperasinya bagus, ekonomi kerakyatan berjalan baik di Kota Tangsel, mudah-mudahan apa yang dicita-cita menjadi Kota Koperasi akan tercapai,” katanya. 
Sementara Komisi II DPRD Kota Tangsel, Drs. H. Syihabudin mengatakan, harus ada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anggota koperasi. Dengan ada peningkatan, kualitas SDM pengelolaannya harus profesional.
“Kita jangan tertinggal, profesionalismenya kurang di koperasi dibandingkan pelaku ekonomi di swasta. Padahal perananya sangat penting dalam pembangunan rakyat bawah,” Ujarnya. (**)