Kadis Lingkungan Hidup Tangsel: Jauhi Sumber Gas di Pondok Aren

0
 
DLH tinjau lokasi 

Cipasera -  Kepala Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Toto Daryanto meminta warga Jalan Pesantren RT 001 RW 003 Kelurahan Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menjauhi lokasi asap berbau menyengat yang keluar dari tumpukan sampah di kebun singkong setempat.

" Sebaiknya warga jangan didekatin atau jangan sampai terlalu dekat. Kalau mau melihat, 10 meter dari tempat keluar asap,"  ujar Toto Sudarto, seperti dikutip dihubungi 
Kompas.com, Rabu (24/10/2018).

Menurut Toto,  pihaknya telah mendatangi lokasi tersebut dan masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui zat yang terkandung dari sumber bau. Tak hanya itu, ramainya pemberitaan soal asap, pihak kepolisian juga telah memasang garis polisi agar warga, khususnya anak-anak tidak mendekati lokasi.

DLH Tangerang Selatan melihat fenomena keluarnya asap dari tanah di bekas tempat sampah itu, serius. Untuk itu DLH akan mendatangi lokasi untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menjaga keselamatan warga.

"Sekarang masih diperiksa. Jumat akan kembali kami tinjau dan cek," ujar Toto.

Sejumlah warga sekitar mengaku pusing dengan adanya asap yang keluar. "Udara sekitar sini sudah tercemar gas. Kami khawatir terjadi hal yang buruk sebab kamu punya anak bayi," kata Raup salah satu warga. " Tolong, kami khawatirannya terkait bau menyengat yang sampai ke rumahnya.

Warga menuturkan,  bau menyengat itu tercium seperti bau belerang hingga ke rumah warga yang berjarak 100 meter dari kebun singkong.
Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan menduga, bau itu dari gas metana yang timbul dari tumpukan sampah yang ditutup selama bertahun-tahun.(Red/ys/KMP)