Pedagang Berharap Dapat Kios Bila Pasar Ciputat Direvitalisasi

0

Pasar Ciputat ( Foto : Ist)
Cipasera - Pedagang di Pasar Ciputat berharap,  bila nanti Pasar Ciputat direvitalisasi menjadi pasar modern, pedagang  yang ada diprioritaskan untuk mendapat kios atau lapak. 

 "Tentu saja dengan tarif sewa tempat yang bisa dijangkau. Sebab kalau sewa tinggi, nanti yang dapat justru bukan pedagang tapi broker," kata Rohim, pedagang kelontong Pasar Ciputat.  "Jadi nanti sebelum mulai dibangun sudah ada kesepakatan dulu, antara pedagang dan Pemkot Tangsel. Memang sudah perbincangan antarpedagang soal itu."

Rohim menambahkan, jumlah pedagang di Pasar Ciputat sekira 650 pedagang. Rata- rata mereka sudah berdagang lebih dari lima tahun. Jumlah tersebut bukan berarti harus dapat kios semua. 

 "Sebagian cukup lapak bukan kios. Sebab sebagian pedagang sayur mayur dan kebutuhan sehari - hari. Yang butuh kios perkiraan saya sekira 450 pedagang," kata Rohim.

Sementara, staf Disperindag yang pernah bertugas di Pasar Ciputat mengatakan, bila direvitalisasi, bukan hanya gedungnya tapi managementnya, terutama soal harga sewa yang sangar kecil per meternya dan keamanan. 

"Perdanya harus ditinjau karena sdh tak sesuai dengan nilai sekarang. Juga banyak oknum eksternal yang bermain," kata staf tersebut yang tak mau disebut identitasnya.

Pernyataan pedagang dan mantan pengawas itu menanggapi pernyataan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie di sebuah media online. Davnie mengatakan, Pasar Ciputat  akan diubah seperti pusat perbelanjaan dan pasar Blok M di Jakarta Selatan.

Revitalisasi dilakukan karena kondisi bangunan Pasar Ciputat yang sudah tidak laik.Rencananya, Pasar Ciputat akan dibangun beberapa lantai dengan jumlah  1.000 kios. Sekarang hanya ada 774 kios. Selain itu akan dibangun mal, area makan atau foodcourt dan area bermain.

Benyamin juga mengatakan, estimasi anggaran revitalisasi Pasar Ciputat mencapai Rp 300 miliar dengan menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).
Saat ini, perencanaan tersebut masih dalam tahap draft konsep KPBU yang telah dikonsultasikan pada publik. Kemungkinan revitalisasi pada 2019 dan akhir 2020 telah bisa digunakan oleh para pedagang. ( ts/ KMP)