Partai Hanura dan PSI Diprediksi Gagal Capai Parliamentary Threshold

0

Cipasera - Ada enam partai peserta pemilu 2019 diprediksi akan gagal mencapai parlianmentary threshold 4 persen. Sementara posisi lima partai lainnya masih belum aman untuk lolos ke DPR periode 2019-2024.
Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, enam partai yang tak lolos adalah, 1. Hanura: 0,6 persen, 2. PBB: 0,2 persen, 3. Garuda: 0,2 persen, 4. PSI: 0,1 persen, 5. Berkarya: 0,1 persen,6. PKPI: 0,1 persen
Dari sigian survei ini, ditambah dengan angka margin of error survei ini sebesar 2,9 persen, keenam partai tersebut tetap tidak memenuhi ambang batas untuk lolos ke DPR sebesar 4 persen.
Peneliti LSI Ardian Sopa mengungkapkan,  posisi PSI, Berkarya dan Garuda sebagai parpol baru membuat mereka sulit untuk bersaing dengan partai lama.
Sementara Hanura, PBB dan PKPI, meski merupakan partai lama, namun sulit meningkatkan elektabilitas karena tidak mempunyai gagasan besar yang ditawarkan ke publik.
"Ketiga partai ini adalah partai lama, namun tak ada gagasan atau terobosan kampanye yang terdengar masif di publik selama 5 bulan terakhir," kata Ardian saat merilis hasil surveinya di Kantor LSI, Jakarta, Selasa (8/1/2019).
Sementara itu, lima partai lain yang belum sepenuhnya aman untuk lolos ke Senayan, yakni:1. PKS: 3,3 persen, 2. PPP: 3 persen, 3. Nasdem: 2,8 persen,4. PAN: 1,8 persen,5. Perindo: 1,9 persen
Elektabilitas kelima partai berdasarkan hasil survei memang masih di bawah ambang batas 4 persen.(red/ts/SW)