Prabowo - Sandi Unggul Debat. Wakil Ketua DPR Kecewa KPU

0
Kompak. Prabowo - Sandi ngobrol sebelum debat.(Foto: Ist)
Cipasera Debat perdana calon presiden-wakil presiden yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis malam, 17/1/2018 selesai digelar. 

Dari pantauan cipasera.com, Prabowo - Sandiaga Uno tampil kompak dan percaya diri. Kompak karena setiap Prabowo bicara, ia selalu menyisakan kesempatan untuk Sandiaga ikut melengkapi, tampil bicara juga.

Hal itu terjadi  sebaliknya dengan rivalnya. Jokowi dominan untuk tampil bicara. Seakan Maaruf Amin sekadar pelengkap.

Sementara dalam menjawab dan melontarkan pertanyaan, Prabowo tampil percaya diri. Ia tak menggunakan teks tertulis untuk "kepekan". Alhasil, tiap bicara Prabowo menatap lawan debatnya dan terlihat santai.

Hal itu bertolak belakang dengan Paslon 01. Saat debat berlangsung, Jokowi sering terlihat menunduk membaca teks pertanyaan maupun jawaban. Bahkan nitizen, seusai debat ada yang menviralkan Maaruf Amin tampak sedang melihat dan buka-buka teks di kertas.

Penampilan paslon no 01 seperti itu mengundang kekecewaan publik, salah satunya Fachri Hamzah. Wakil Ketua DPR- RI ini menuliskan kekecewaanya di akun FBnya.

"Kecewa saya sama panggung Debat Pertama Pilpres 2019 malam ini....KPU tidak saja memberikan kisi-kisi tapi membolehkan adanya contekan sehingga wajah kandidat sering melihat ke bawah dan tidak menyimak. Akhirnya jawaban gak nyambung. Ayo KPU ubah ini, masih ada 4 kali," tulis Fachri.

Fachri menambahkan, kita Harus membuat protes keras kepada KPU telah melakukan drama seperti itu, maka calon presiden bisa bersembunyi di balik pertanyaan dan jawaban serta kisi-kisi yang telah dihafal. KPU menipu kita!

Calon presiden tidak perlu dibantu atau dilindungi dalam debat. Biarkan mereka ditelanjangi oleh kata-kata mereka sendiri. Mereka jangan lagi membaca tulisan orang. Biar keluar apa yang sebenarnya ada dalam kepala, dalam hati dan dalam impian mereka. Jangan dibela!

"Plis stop sandiwara ini. Rakyat jangan Dibodohi," tulis Fachri.

Mungkin karena itu, saat diadakan polling oleh tempo.co dan Elshinta, pasangan Prabowo Sandi unggul.Pada pukul 23.58 di akun Twitter Tempo.co, pasangan nomor urut 02 dipilih 65 persen netizen sementara Jokowi-Ma’aruf Amin hanya 35 persen.

Pertanyaan polling yang diajukan adalah: Debat Pilpres 2019 malam ini siapa pasangan kandidat yang Anda sukai?

Sementara di polling Elshinta, pertanyaan yang diajukan adalah, warganet kalau kamu nonton debat capres-cawapres, siapa yang bakal kamu pilih seandainya Pilpres diadakan sekarang?

Pasangan Prabowo-Sandi unggul jauh dengan perolehan 70 persen dukungan netizen, sementara Jokowi-Ma’aruf hanya mendapat 20 persen dan 4 persen belum menentukan pilihan.(TW, berbagai sumber)