100 Tahun Damkar Diperingati. Apel Bersama dan Pengenalan Dengan Anak TK

0
Uci Sanusi di tengah peserta lomba ( Foto : Ist)

Cipasera -  Hari jadi  Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke 100 dan Hari jadi, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 diperingati dengan apel bersama di Lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong,  Senin, 18 Maret 2019.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, ketiga lembaga tersebut merupakan ujung tombak di pemerintahan daerah. Untuk itu semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur harus tetap dimiliki dalam melayani masyarakat.

Davnie selanjutnya mengatakan, Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas berperan aktif dalam melindungi pembangunan dan saat  proses pembangunan.  Dengan kata lain, tujuan akhir dalam perlindungan adalah  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam kontek aktual, termasuk  aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa lndonesia, pemilu  serentak April 2019.

"Peran penting Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya," imbuhnya.

Dijelaskan Davnie, tugas Damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran; melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

"Sementara, Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan perda dan perkara; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan Masyarakat," kata mantan Kepala Bappeda Kab Tangerang ini.

 "Sedangkan, Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas )  secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara."

Wali Kota Tangsel ikut menyambut HUT Damkar 
Seusai apel diadakan peragaan oleh tiga instansi tersebut. Pemadam kebakaran melakukan praktik penanggulangan evakuasi dan pemadaman di gedung bertingkat, sedangkan  Satpol PP melakukan memusnahkan 6.300 botol minuman keras hasil sitaan.

Khusus untuk Damkar,  sebelumnya  telah mengadakan  acara petingatan dengan  menggelar Lomba Mewarnai dan Kreatifitas yang digelar di Teras Kota BSD, Serpong, Tangsel pada Kamis, 14/03.Kegiatan ini diikuti 150 anak Taman Kanak-kanak (TK) se -Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangsel, Uci Sanusi mengatakan, lomba mewarnai dan kreatifitas ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak usia dini  profesi petugas Damkar.

“Kami memilih anak TK karena mereka aktif mengunjungi Dinas Damkar Tangsel sebagai materi pengenalan profesi dan kegiatan,” ujarnya.

Peserta yang menjadi juara mewarnai secara individu dan lomba kreatifitas kelompok mendapat hadiah piala, plakat dan uang tunai dari Dinas Damkar Tangsel.(red/*)