Baru 6 Bulan Krakatau Steel Ganti Jajaran Direksi, Kini Ada Yang Kena OTT KPK

0

Suasana RUPSLB KS tempo hari (Foto: Ist)
Cipasera -  PT Krakatau Steel (KS) belum lama ini mengganti Direktur Utamanya, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dengan Silmy Karim. Pergantian tersebut  melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Sementara,  Direktur Keuangan dijabat oleh Tardi. Direktur SDM : Rahmad Hidaya. Direktur Logistik dan Pengembangan Usaha, Ogi Rodinho, Direktur Produksi dan Teknologi : Wisnu Kuncoro, Direktur Pemasaran : Purwono Widodo

Tapi baru  sekira enam bulan pergantian direktur, muncul berita mengejutkan. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) melakukan Operasi Tangkap Tangan ( OTT), Jumat (22/3/2019) terhadap salah satu direktur KS. Dan KPK belum merilis namanya.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan seperti dikutip kompas.com membenarkan OTT tersebut yang dilakukan pukul 18.30.

"Tim KPK memang menemukan adanya dugaan transaksi pemberian uang pada salah satu Direktur BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dari pihak swasta," kata Basaria dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Basaria menambahkan, diduga ada rencana pemberian uang dari pihak swasta yang berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN tersebut.

"Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan. Sedang di dalami transaksi menggunakan rupiah ataupun dollar," tambah Basaria.

Menurut Basaria, ada sekitar 4 orang yang sudah berada di dalam gedung Merah Putih KPK, Jakarta, untuk klarifikasi lebih lanjut. Namun Basaria belum mengungkap secara spesifik siapa saja yang diamankan.

Informasi lebih lengkap akan disampaikan besok sore melalui konferensi pers di kantor KPK.(red/ts/kmp)