Walikota Ini Tiga Kali Dipasung Warganya Karena Janjinya Palsu


Degaldo saat dipasung

Cipasera - Bila rekor dunia mau mencatat, mungkin Wali Kota San Buenaventura di Bolivia, Javier Delgado merupakan Walikota yang paling banyak  dipasung oleh warganya. Tiada duanya, tiga kali dipasung selama berkuasa lantaran tidak menepati janji. Rakyat kecewa.

Delgado dipasung untuk ketiga kalinya,  25 Februari lalu. Wali Kota Delgado awalnya datang untuk meresmikan beberapa proyek pembangunan, termasuk jembatan yang didanai dari pajak masyarakat.Tapi saat tiba di lokasi,  bukannya sambutan seremonial yang dia dapat, melainkan amarah masyarakat. Dia dikepung, ditangkap dan dipasung kakinya.

Masyarakat rupanya sudah mempersiapkan hukuman  dengan matang. Saat Delgado tiba, penduduk San José, dekat San Buenaventura, sudah menyatakan bahwa sang wali kota tidak akan dibiarkan masuk ke wilayah mereka. Jika nekat datang, pejabat itu akan menghabiskan waktunya dengan kaki di dalam pasungan. 

Oleh masyarakat hukuman pasung dianggap sebagai hukuman pasung sebagai hukuman tradisional di kota tersebut bagi politisi yang tidak bekerja amanah. Dan masyarakat juga bersumpah tak akan memilih politisi yang tak bisa bekerja.

Edgar Ramos, wartawan Radio Fides yang meliput acara tersebut, mengatakan kepada BBC Mundo bahwa masyarakat marah karena wali kota tidak pernah menerima mereka di balai  kota.

”Mereka tidak membiarkan saya berbicara,” kata Wali Kota Delgado mengomentari pemasungan dirinya kepada BBC Mundo

Tapi Delgado mengaku rela menerima hukuman warga untuk menghindari konflik besar. Delgado menghabiskan sekitar 40 menit dengan kaki dipasung.

Dia juga  mengakui, hukuman itu yang ketiga kalinya diberikan oleh komunitas San Buenaventura. 

Dua hukuman serupa pernah dia terima pada tahun 2015 dan 2016. Alasannya pun serupa dengan yang dituduhkan oleh penduduk San José.

Delgado merasa masyarakat keliru menerima informasi tentang kinerjanya. ”Tiga kali ada kesalahan informasi tentang tindakan saya,” ujarnya.

Dia mengklaim telah memenuhi janjinya, seperti menyediakan listrik, antena telepon seluler, membangun jalan yang menghubungkan masyarakat antarwilayah dan beberapa pembangunan lainnya.


Masyarakat San Jose tak hanya memasung sang wali kota. Mereka mengumpulkan tanda tangan berisi petisi penarikan dukungan untuk Delgado.

Sosiolog Bolivia Oscar Rocabado belum pernah belum pernah melihat praktik masyarakat seperti ini sebelum di negaranya. Menurutnya San Buenaventura merupakan wilayah yang masih didominasi hutan. "Itu tidak terjadi fi seleliruh Bolivia," kata Sosiolog ini, Kamis(8/3/2018) (red/ts/Sindo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel